Idul Adha 2016: Semen Padang Salurkan 53 Ekor Sapi Qurban

Dirut PT Semen Padang, Benny Wendry (kiri) menyerahkan hewan qurban secara simbolis kepada masyrakat yang diwakili Ketua KAN Lubuk Kilangan di Lapangan Cubadak Semen Padang, Jumat (9/9).
Dirut PT Semen Padang, Benny Wendry (kiri) menyerahkan hewan qurban secara simbolis kepada masyrakat yang diwakili Ketua KAN Lubuk Kilangan di Lapangan Cubadak Semen Padang, Jumat (9/9). (Riki Wijaya / KLIKPOSITIF)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1437 H, PT Semen Padang kembali menyalurkan hewan qurban untuk masjid dan musala ke sejumlah daerah di Sumbar .

Untuk tahun ini, jumlah hewan yang disalurkan oleh perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara itu, berjumlah 53 ekor. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun ketahun.

baca juga: Usai Kunjungan Andre Rosiade-Kepala Daerah, Erick Thohir Turunkan Tim ke Sumbar

Buktinya, pada Idul Adha 2012 lalu, PT Semen Padang menyalurkan 43 ekor sapi kurban. Kemudian pada Idul Adha 2013 menjadi 44 ekor sapi qurban. Setelah itu di Idul Adha 2014 naik menjadi 47 ekor sapi qurban dan Idul Adha 2015 sebanyak 48 ekor sapi qurban.

Kepala Biro CSR PT Semen Padang , Dasril mengatakan, untuk Idul Adha tahun ini, puluhan hewan qurban yang terdiri dari sapi itu, akan disalurkan untuk Kota Padang , Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kabupaten Tanah Datar.

baca juga: PON XX Papua 2021 Gantole Sumbar Masih Catatkan Nilai Positif

Namun yang paling banyak, yaitu di Kota Padang dengan rincian, 23 ekor sapi untuk Kecamatan Lubuk Kilangan, 10 ekor untuk Pauh, Lubeg dan Kuranji masing-masing 4 ekor. Kemudian untuk Mentawai sebanyak 3 ekor dan Tanah Datar 1 ekor.

Selain di Padang , Mentawai dan Tanah Datar, PT Semen Padang juga menyalurkan 7 ekor sapi qurban untuk daerah perwakilan PT Semen Padang , yaitu Dumai, Bengkulu, Aceh, Lampung dan Jakarta.

baca juga: Nafas Panjang Perjuangan Benelli Jelajahi Pasar Motor Italia di Sumbar

"Untuk di Teluk Bayur kita juga salurkan 1 ekor sapi yang bekerjasama dengan Lantamal Padang ," kata Dasril disela-sela penyerahan Hewan Qurban dari PT Semen Padang kepada Masyarakat Lingkungan di Lapangan Cubadak, PT Semen Padang , Jumat, 9 September 2016 pagi.

Penyerahan hewan qurban itu dilakukan secara simbolis oleh Dirut PT Semen Padang , Benny Wendry kepada masyarakat yang diwakili oleh Ketua KAN Lubuk Kilangan, Basri Datuk Rajo Usali, dan dihadiri oleh Camat Lubuk Kilangan, Lubeg dan Pauh.

baca juga: Tinjau Kebakaran Pasar Kambang, Bupati Pessel Janjikan Hal Ini untuk Pedagang

Kemudian juga hadir Ketua KAN Pauh, KAN Lubeg, Lurah di Kecamatan Lubuk Kilangan, pengurus masjid dan musala yang mendapat bantuan hewan qurban, dan sejumlah masyarakat di sekitar perusahaan.

Dirut PT Semen Padang , Benny Wendry mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk partisipasi PT Semen Padang di Hari Raya Idul Adha tahun ini. Meskipun jumlahnya meningkat dari tahun ke tahun, namun manajemen, kata Benny, menyadari bahwa tidak semua masjid dan musalla di lingkungan perusahaan yang mendapat bantuan.

"Tidak semua musala dan masjid dapat bantuan hewan qurban, karena ini terkait kemampuan perusahaan. Namun selain PT Semen Padang , anak perusahaan seperti PT Pasoka Sumber Karya juga menyalurkan bantuan 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Manajemen berharap agar Idul Adha tahun depan, anak perusahaan lainnya juga ikut berpartisipasi," ujar Benny.(*)

Penulis: Riki