Pandemi COVID-19, Semen Padang Salurkan Berbagai Bantuan di Dumai

BANTUAN MASKER: Senior Manager PT Semen Padang Pabrik Dumai Palman (kanan) menyerahkan bantuan sebanyak 500 pcs masker kepada Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai Indra Safawi pada Kamis, 2 Juli 2020.
BANTUAN MASKER: Senior Manager PT Semen Padang Pabrik Dumai Palman (kanan) menyerahkan bantuan sebanyak 500 pcs masker kepada Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai Indra Safawi pada Kamis, 2 Juli 2020. (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Kepedulian sosial PT Semen Padang dalam menghadapi pandemi COVID-19 tidak hanya dilaksanakan di Provinsi Sumatera Barat, namun juga di Kota Dumai , Provinsi Riau .

Melalui Unit Pabrik Dumai , PT Semen Padang telah menyalurkan berbagai bantuan di Kota Dumai dan Provinsi Riau guna membantu masyarakat di tengah ancaman pandemi COVID-19.

baca juga: TKMPN 2020, Inovator PT Semen Padang Raih 4 Platinum dan 2 Gold

"PT Semen Padang sangat berkomitmen melakukan langkah-langkah antisipasi penularan wabah COVID-19 baik di lingkungan dalam perusahaan maupun di lingkungan masyarakat sekitar perusahaan," kata Senior Manager PT Semen Padang Pabrik Dumai Palman.

Di lingkungan perusahaan Unit Dumai , program yang dilaksanakan meliputi pemberian masker, pemberian supplemen vitamin, pengukuran suhu tubuh di gerbang masuk, sosialisasi melalui poster/spanduk, melengkapi tempat pencucian tangan dengan sabun, penyemprotan desinfektan kantor dan peralatan secara berkala dan lain-lain.

baca juga: Dari Internalisasi AKHLAK; Insan Semen Padang Diharapkan Jadi "Brand Ambassador" Implementasi AKHLAK

"Sementara untuk program di lingkungan masyarakat sekitar yang sudah dilakukan adalah pemberian masker, penyaluran sembako, pemberian tempat cuci tangan di kantor lurah Bangsal Aceh & Puskesmas sungai sembilan, dan penyemprotan desinfektan rumah warga," kata Palman yang didampingi stafnya, Enrizaldi, dan Sujarmadi.

Palman merinci, bantuan sebanyak 500 pcs masker diserahkan melalui Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai Indra Safawi pada Kamis, 2 Juli 2020. Pada 22 April kwmarin, juga diserahkan bantuan dua unit tempat cuci tangan untuk Kantor Lurah Bangsal Aceh dan Puskesmas Sungai Sembilan.

baca juga: Inovasi Sistem Manajemen Semen Padang: Aplikasi Simple Mudahkan Karyawan Bekerja di Masa Pandemi

Juga ada bantuan 240 pcs masker untuk Kantor Lurah Bangsal Aceh pada 22 April 2020. Semen Padang juga telah menyerahkan 40 paket sembako untuk masyarakat RT04 di sebelah Pabrik, di Kelurahan Bangsal Aceh pada 23 April 2020.

Selanjutnya, guna meringankan beban korban PHK dampak pandemi COVID-19, PT Semen Padang juga berpartisipasi dalam bentuk pemberian 24 paket sembako melalui Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau pada 4 Juni 2020.

baca juga: SPH Mudahkan Pasien, Kini Booking untuk Berobat Bisa Melalui WhatsApp dan Website

Di tempat terpisah, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, kepedulian sosial yang telah dilakukan PT Semen Padang terhadap masyarakat lingkungan perusahaan merupakan bagian dari upaya mendukung Pemerintah dalam memutus rantai penularan COVID-19.

Di Sumbar, PT Semen Padang juga telah menyalurkan bantuan ke berbagai pihak. Di antaranya bantuan masker untuk wartawan, masyarakat yang disalurkan melalui BPBD Kota Padang dan pedagang.

Kemudian, bantuan fasilitas cuci tangan untuk Posko Cek Point di perbatasan Kota Padang, termasuk di Mako Pol PP, Balai Kota Padang, Puskesmas dan sejumlah Pasar di Kota Padang, serta bantuan bilik sterilisasi untuk rumah sakit-rumah sakit di Sumbar.

Setelah itu, melakukan penyemprotan disinfektan di 145 titik fasilitas umum yang ada di Ring I PT Semen Padang , yaitu di Kecamatan Lubuk Kilangan, dan pemberian vaksin influenza gratis untuk karyawan/wati Semen Padang Group, dan pemberian bantuan hand sanitizer.

Kemudian, perusahaan juga menggelar seminar tentang COVID-19 dan melakukan imbauan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun, mengimbau agar masyarakat menggunakan masker dan menjaga jarak 1,5 meter serta di rumah saja. (*)

Editor: Riki