Di Masa Pandemi, Ini Tips Olahragawan Semen Padang Jaga Kebugaran

Jondrizal, atlet binaraga binaan FKKSP saat fitnes di Luki Fitnes, Jalan Lalang, Padang Besi.
Jondrizal, atlet binaraga binaan FKKSP saat fitnes di Luki Fitnes, Jalan Lalang, Padang Besi. (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Masa pandemi COVID-19, pemerintah menganjurkan agar masyarakat menjaga kebugaran dan kesehatan agar tidak mudah tertular penyakit. Anjuran perhatian bagi jajaran karyawan Semen Padang Group, dengan tetap aktif berolahraga.

Seperti yang dilakukan Jondrizal, atlet nasional cabor binaraga binaan Forum Komunikasi Karyawan Semen Padang ( FKKSP ) dan mantan petinju nasional Amri Yusran Nasution yang juga karyawan Semen Padang .

baca juga: Dua Orang Teman Sekamar Meninggal, Perjuangan Mevrizal Asal Solok Bebas dari Belenggu Covid-19

Mereka memiliki kiat tersendiri agar tetap bugar dan sehat, di tengah pandemi COVID-19. Ditemui di Gym Luki Fitness di kawasan Lalang Padang Besi Padang, Jondrizal membeberkan sejumlah tips jitu agar tubuh tidak mudah terpapar COVID-19.

Amri Yusran Nasution memanfaatkan kegiatan gowes sebagai upaya untuk mengantisipasi agar tidak terpapar Covid-19
Amri Yusran Nasution memanfaatkan kegiatan gowes sebagai upaya untuk mengantisipasi agar tidak terpapar Covid-19

Peraih medali emas dalam kejuaraan Open Turnament Body Building Champions 2018 itu mengatakan ada empat tips agar tubuh tidak terpapar. Pertama, olahraga teratur minimal 3 kali seminggu, seperti jalan sehat setiap pagi dan sore, bersepeda dan joging, serta melakukan aktifitas lainnya.

baca juga: Akhir Pekan Ini, Pemkab Pessel Bakal Sasar Pelanggaran Protokol Kesehatan di Objek Wisata

"Pada intinya, olahraga dan kebugaran harus dijadikan suatu kebutuhan, bukan sekedar hobi, apalagi di masa pandemi ini, olahraga dan kebugaran adalah salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh agar terhindaru dari Covid," kata Jondrizal, Kamis (9/7/2020).

Jondrizal (tengah) atlet binaraga binaan FKKSP memanfaatkan waktu luang untuk fitnes di tempat kebugaran Luki Fitnes
Jondrizal (tengah) atlet binaraga binaan FKKSP memanfaatkan waktu luang untuk fitnes di tempat kebugaran Luki Fitnes

Kedua, lanjutnya, menjaga pola makan dengan gizi seimbang untuk meningkatkan sistim kekebalan tubuh dengan mencukupi nutrisi yang lengkap dengan makan makanan bebas lemak dan protein tinggi seperti beras merah, ubi, gandum dan kentang.

baca juga: Kasus Terus Bertambah, Satgas Corona Pessel Ajak Masyarakat Untuk Tidak Takut Tes Swab

Tips yang ketiga, konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Kemudian tips yang terakhir, yaitu istirahat yang cukup minimal 7 jam sehari dan minum air putih 8 gelas sehari, supaya tubuh tetap sehat dan kuat.

Amri Yusran senagaja menggunakan sepada menuju tempat kerjanya agar tubuh tetap sehat dan bugar
Amri Yusran senagaja menggunakan sepada menuju tempat kerjanya agar tubuh tetap sehat dan bugar

"Selama masa pandemi ini, juga disarankan untuk mengikuti protokol kesehatan selama olahraga , seperti memakai masker dan jaga jarak," ujar karyawan PT Pasoka Sumber Karya (anak perusahaan Semen Padang ) yang ditempatkan di Unit Pengamanan PT Semen Padang .

baca juga: 74 Pasien COVID-19 di Pessel Dinyatakan Sembuh, Jubir: Hari Ini Terbanyak

Selain Jondrizal, hal yang sama juga disampaikan oleh mantan petinju nasional, Amri Yusran Nasution. Peraih medali emas pada PON 2004 itu mengatakan bahwa olahraga yang cukup tidak hanya membuat tubuh fit dan sehat, tapi juga dapat meningkatkan imun tubuh.

Bagi orang yang tidak biasa berolahraga, Ia pun menyarankan olahraga yang mudah namun rutin dilakukan. Seperti joging misalnya. Menurutnya, jogging bukan olahraga yang berat, dimana pun dan kapapun bisa dilakukan.

"Kalau saya, selain rutin joging setiap pagi dan sore, saat hari libur saya juga rutin gowes ," kata staf Semen Padang yang bertugas di Unit Pengamanan itu.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, perusahaan senantiasa mendukung upaya-upaya karyawan Semen Padang Group untuk menjaga kesehatan, terutama di masa COVID-19, hal ini sangat penting agar tidak mudah tertular penyakit.

"Manajemen selalu mengingatkan karyawan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, karena karyawan yang sehat akan berpengaruh pada produktivitas dan kinerja perusahaan secara keseluruhan," pesan Nur Anita. (*)

Editor: Riki