Marching Band Semen Padang Torehkan Prestasi di Dua Iven Nasional

Marching Band Semen Padang saat memeriahkan kegiatan tahunan Semen Padang yang digelar sebelum pandemi Covid-19
Marching Band Semen Padang saat memeriahkan kegiatan tahunan Semen Padang yang digelar sebelum pandemi Covid-19 ()
PADANG, KLIKPOSITIF

- Klub Marching Band Semen Padang (MBSP) kembali menorehkan prestasi di dua iven berbeda di tingkat nasional yang diselenggarakan secara virtual .

Prestasi tersebut masing-masing peringkat 3 untuk kategori Brass Independent & Peringkat 5 untuk kategori Percussion Independent pada ajang Indonesia Virtual Brass & Percussion Competition (IVBPC) 2020, pada 28 Juni- 4 Juli 2020.

baca juga: Berpartisipasi Aktif Tanggulangi Dampak Covid-19, Semen Padang Terima Penghargaan dari Pemko Padang

Prestasi berikutnya adalah, Color Guard Marching Band Semen Padang berhasil menjadi Top 10 Finalis di kategori Independent Class dan Finalis di Scholastic Class pada Indonesia VICC 2020, 5 Juni - 13 Juni 2020.

Ketua Umum MBSP Nur Anita Rahmawati, di Padang, Kamis (9/7/2020) mengaku bangga dengan prestasi yang diraih klub Marching Band binaannya. "Alhamdulillah, ini prestasi yang membanggakan, dan pantas diapresiasi," tukasnya.

baca juga: Semen Padang Adakan Webinar Cegah COVID-19 untuk Istri Karyawan

IVBPC diselenggarakan Grand Prix Marching Band (INA) bekerjasama dengan WGI SPORT of The ARTS (US). Ini merupakan perlombaan pertama di Indonesia yang dilakukan secara virtual .

Kategori perlombaan adalah, Instrumen: Percusions (Snare / Multi tenor), Keyboard Percussions Vibraphone/Marimba/Xylophone), Brass (Trumpet / Trombone/Baritone/Mellophone).

baca juga: Tim Baharkam Polri Optimis Semen Padang Kantongi Sertifikat SMP dan Raih Predikat Gold

Kemudian Kategori Usia meliputi, Independent (Usia 19 Tahun Keatas dihitung 1 Juni 2020) dan Scholastic (<19 Tahun).

Perlombaan IVBPC berlangsung dari tanggal 28 Juni (penyisihan) dan (Final) pada tanggal 4 Juli 2020 melalui Zoom Meeting & Live di Youtube. IVBPC diikuti oleh selurah insan marching band yang berasal dari seluruh provinsi yang berada di Indonesia dengan masing -- masing kategori instrument dan usia.

baca juga: Supervisi Implementasi Sistim Manajemen Pengamanan, Tim Mabes Polri Kunjungi Semen Padang

Nur Anita mengatakan, MBSP berpartisipasi mengikuti seluruh ketegori pelombaan individu IVBPC 2020. Anggota MBSP yang berpartisipasi di IVBPC, Muhammad Randi Zen dan Taufik Hidayat (Percussion Independent), Deni Seprian (Keyboard Percussion), Anada Zahirah (Brass Independent), Rahma Sani, NickaTriza, Dede Nashalim Putra dan Pedro (Brass Scholastic).

Indonesia VICC 2020

Pada ajang lainnya, yakni Indonesia VICC 2020 prestasi menggembirakan juga diraih Klub MBSP. Nur Anita mengatakan, Indonesia VICC 2020 diselenggarakan Grand Prix Marching Band (INA) & Color Guard Indonesia bekerjasama dengan WGI SPORT of The ARTS (US).

Adapun kategori yang diperlombakan masing-masing, Kategori Instrumen: Flag & Weapon (Rifle or Sabre). Kategori Usia: Independent Class (Usia 18 Tahun Keatas), Scholastic Class (Usia 18 Tahun Kebawah).

Perlombaan VICC berlangsung dari tanggal 5 Juni (penyisihan) dan (Final) pada 13 Juni 2020 melalui Zoom Meeting & Live di Youtube. VICC di ikuti oleh selurah insan marching band yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia dengan masing -- masing kategori instrument dan usia.

IVBPC didukung juga dengan Judges yang berkompetensi di masing -- masing kategori perlombaan VICC 2020. Jumlah peserta VICC yang berpartisipasi untuk kategori Independent Class & Scholastic Class sebanyak 93 peserta.

Anita mengungkapkan, Color Guard Marching Band Semen Padang berpartisipasi mengikuti kaVtegori pelombaan individu ICC 2020 dan berhasil menjadi FINALIS dari kategori perlombaan.

Adapun anggota MBSP yang berpartisipasi di VICC 2020 sebagai berikut, Andy Tanamal (Independent Class), M. Aldy Putra Pratama, Riswanto Eka Wangsa dan Fadhea Dwi Amanda (Scholastic Class).

Head Coach Marching Band Semen Padang Fuji Raharjamengatakan bahwa lomba virtual ini baru pertama kali diadakan di Indonesia dan bagi MBSP, ini juga pengalaman pertama.

"Iven IVBC dan VICC itu akan menjadi motivasi bagi kami ke depan, karena di era new normal ini akan ada lomba-lomba marching band lainnya yang digelar secara virtual ," katanya.(*)

Editor: Riki Suardi