Porous Concrete Produk Turunan Semen Padang Akan Diproduksi Massal

Pelantaran Kantor Dekopin Ulak Karang yang telah dipasang porous concrete produk turunan dari PT Semen Padang.
Pelantaran Kantor Dekopin Ulak Karang yang telah dipasang porous concrete produk turunan dari PT Semen Padang. (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- PT Semen Padang terus melakukan inovasi berbagai produk turunan semen. Salah satunya, adalah porous concrete (beton berpori) yang merupakan produk unggulan dari Unit Bisnis Inkubasi Non Semen.

Senior Manager Bisnis Inkubasi Non Semen Dorce Yunirsyam mengatakan, sejauh ini porous concrete baru diproduksi dalam paving blok dalam bentuk pengecoran porous concrete in situ (di lapangan).

baca juga: Semen Padang Patenkan Tiga Inovasi, Salah Satunya Pemijahan dan Pembiakan Ikan Bilih

Bahkan, beton berpori ini sudah dipasang di pelataran Kantor Dekopin Ulak Karang, Kota Padang dan juga di halaman Club House PTSemen Padang.

"Poros concrete ini ramah lingkungan, karena bisa mengantisipasi terjadinya genangan air ketika hujan, karena produk turunan semen ini dapat menyerap air dengan cepat. Sebab, pemasangan poros concrete ini juga dilengkapi dengan biopor yang bisa menyerap air ke tanah," katanya, Kamis (16/7/2020).

baca juga: Kubus Apung Dipasang Kembali, DLH: Lokasi Ini Lebih Pas

Porous concrete ini tidak jauh berbeda dengan paving block yang umum dipakai saat ini. Namun begitu, kekuatan tekannya tidak kalah jauh dari paving block, yaitu mencapai K175 atau 17,5 MPa dan bisa menahan beban berbagai jenis kendaraan, termasuk kendaraan besar seperti truk.

"Saat ini mesin pencetak porous concrete sedang kami buat. Tahun 2021 nanti, kami akan memproduksi porous concrete secara massal, karena sejauh ini baru produksi secara manual dan itu hanya untuk in situ. Untuk lokasi produksinya direncanakan berada di kawasan Indarung I," ungkap Dorce.

baca juga: Pemko Padang Kekurangan Anggaran untuk BLT Kedua

Di samping membuat mesin pencetak poros concrete, Dorce mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang intens melakukan penjajakan ke pelbagai pihak, seperti proyek Stadion Utama Sumatera Barat, Asrama Haji Pariaman dan SD Telkom Padang.

"Selain porous concrete, kami juga intens mempromosikan produk turunan semen seperti interlock bricks yang diyakini akan menjadi produk unggulan kami, karena interlock bricks ini dapat digunakan untuk membuat rumah dengan cepat dan murah, serta hemat 25 persen dibandingan batu bata," bebernya.

baca juga: ITP, Kampus Pencetak Mahasiswa yang Siap Berkompetisi dalam Dunia Industri

Secara terpisah, Vice President of Non Cement Incubation Business PT Semen Padang Pri Gustari Akbar mengatakan bahwa porous concrete ini merupakan salah satu produk inovatif PT. Semen Padang berupa beton yang memiliki pori-pori atau rongga pada strukturnya, sehingga memungkinkan cairan mengalir melalui rongga-rongga yang terdapat pada beton.

Porous concrete ini, sebutnya, juga bermanfaat dalam mendukung program ecogreen, karena produk ini dapat melakukan pengolahan air hujan lebih baik, menambah cadangan penyimpanan air tanah, mengurangi potensi banjir dan mengurangi jalan licin saat hujan.

"Kemudian, penggunaan porous concrete ini juga dapat memaksimalkan meneruskan air ke tanah, memaksimal meneruskan air ke drainase dan dapat menghalangi sampah masuk ke drainase," pungkas Pri Gustari Akbar.

Beberapa waktu lalu, Wakil Walikota PadangHendri Septasempat mengagumi porous concrete yang diproduksi PTSemen Padang, karena menurutnya, produk turunan dari perusahaan kebangaan masyarakat Sumbar ini sangat cocok diterapkan di kawasan padat penduduk, termasuk di daerah rawan banjir.

"Beton berpori ini dikatakan bisa mengatasi potensi terjadinya banjir, karena dapat menyerap air, dan produk ini sangat bagus diterapkan di kawasan perkotaan, terutama di lokasi yang sering terjadi penyumbatan air," katanya saat mengunjungi Club House PTSemen Padang.(*)

Editor: Riki Suardi