Selesai Diproduksi di Semen Padang, Shell Kiln untuk Pabrik Tonasa 3 Dikirim Melalui Teluk Bayur

Semen Padang kirim Shell Kiln ke Tonasa
Semen Padang kirim Shell Kiln ke Tonasa (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Tiga Segment Shell Kiln yang diproduksi PT Semen Padang melalui Unit Bisnis Inkubasi Non Semen, dikirim ke PT Semen Tonasa melalui Pelabuhan Teluk Bayur Padang, Senin (3/8/2020) sore.

Menggunakan Kapal MV Lagun Mas, Shell Kiln yang diproduksi selama lebih kurang satu bulan di Workshop PT Semen Padang itu, dijadwalkan sampai di Pelabuhan Bringkasi Tonasa pada 13 Agustus mendatang.

baca juga: Berpartisipasi Aktif Tanggulangi Dampak Covid-19, Semen Padang Terima Penghargaan dari Pemko Padang

VP of Non Cement Incubation Business PT Semen Padang Pri Gustari Akbar mengatakan, tiga segment Shell Kiln ini diproduksi untuk Pabrik Tonasa 3 dan segment ini memikili diameter, panjang dan ketebalan yang berbeda.

Rinciannya, yaitu untuk segment I memiliki ketebalan 25 mm, panjang 6.240 mm dengan diameter 4.750 mm. Kemudian segment II, ketebalan 25 mm, diameter 4.750 dan panjang 9.360 mm. Sedangkan segment III, ketebalan 20 mm, diameter 4.750 mm dan panjang 10.000 mm.

baca juga: Semen Padang Adakan Webinar Cegah COVID-19 untuk Istri Karyawan

"Setelah sampai di Tonasa, Shell Kiln yang kami kirim ini akan dipasang pada Pabrik Tonasa 3 pada Oktober mendatang. Jadi pengerjaannya satu paket, di produksi, dikirim dan dipasang," kata Pri Gustari Akbar.

PT Semen Padang , sebut Pri, sebelumnya juga pernah memasang Shell Kiln di Pabrik Semen Tonasa . Dan, karena hal itu lah PT Semen Tonasa memberikan kepercayaan kepada PT Semen Padang untuk memproduksi dan memasang Shell Kiln.

baca juga: Tim Baharkam Polri Optimis Semen Padang Kantongi Sertifikat SMP dan Raih Predikat Gold

"Jadi kami di Semen Padang sudah berpengalaman soal Shell Kiln. Pada pertengahan 2009 dan 2015, tim workshop Semen Padang juga diminta oleh Semen Tonasa untuk memasang Shell Kiln di Pabrik Tonasa," ujarnya.

Selain Semen Tonasa , Pri juga mengatakan di tahun 1990-an, workshop PT Semen Padang juga pernah mengerjakan proyek pembuatan dan pemasangan Shell Kiln PT Semen Batu Raja dan Semen Andalas pada di awal 2000-an.

baca juga: Supervisi Implementasi Sistim Manajemen Pengamanan, Tim Mabes Polri Kunjungi Semen Padang

Kemudian sekitar 2000-an, kata Pri, workshop PT Semen Padang juga dipercaya untuk memproduksi cement mill oleh pabrik semen di Banglades.

" Workshop Semen Padang pada 2019, juga pernah mengerjakan proyek pergantian Shell Kiln untuk pabrik kertas Toba Purp Lestari di Porsea, Sumatera Utara," pungkas Pri Gustari Akbar.

Workshop PT Semen Padang merupakan salah satu unit kerja di Departemen Bisnis Inkubasi Non Semen (BINS) di PT Semen Padang , didirikan pada tahun 1986.

Pada awalnya memproduksi alat-alat transport seperti rubber belt conveyor, screw conveyor dan pneumatic gravity conveyor. Saat ini, workshop PT Semen Padang dengan fasilitas yang tersedia bergerak di bidang manufaturing & konstruksi perlatan pabrik, overhaul motor, re-balancing dll. (*)

Editor: Riki Suardi