Padang Dilanda Banjir, Semen Padang Turunkan TRC

Relawan TRC Semen Padang saatbberada di lokasi longsor di Jalan Koto Kaciak, Padang Selatan
Relawan TRC Semen Padang saatbberada di lokasi longsor di Jalan Koto Kaciak, Padang Selatan (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Hujan lebat yang disertai angin kencang sejak Kamis (10/9/2020) dinihari hingga siang, menyebabkan genangan banjir, pohon tumbang dan longsor di sejumlah titik di Kota Padang.

Menindaklanjuti bencana alam tersebut, PT Semen Padang langsung bergerak cepat dengan menerjunkan Tim Reaksi Cepat ( TRC ) ke lokasi bencana untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir dan lonsgor.

baca juga: Sempat Tersendat Akibat Longsor, Jalur Sumbar Riau Kini Sudah Lancar

"Tadi pagi relawan TRC sudah dikerahkan ke lokasi banjir untuk membantu evakuasi warga. Dan di samping itu, mereka juga berkoordinasi dengan BPBD Kota Padang," kata Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati, Kamis.

Semen Padang mengirim relawan TRC ke lokasi bencana, lanjut Anita, merupakan sebagai wujud komitmen PT Semen Padang dalam hal kepedualian terhadap masyarakat terdampak bencana.

baca juga: Langganan Banjir, Warga Jundul Rawang Padang: Perut Lapar Sejak Dini Hari Direndam Banjir

"Walaupun saat ini sedang dalam kondisi pandemi, kita upayakan semampu kita tetap hadir untuk lingkungan kita. Dan tentunya, tetap dengan menerapkan protokol Covid-19," pesan Anita pada TRC yang diturunkan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Sutan Hendra mengapresiasi PT Semen Padang yang telah mengirim relawan TRC Semen Padang untuk membantu BPBD Kota Padang, dalam menganggulangi bencana yang terjadi di beberapa titik.

baca juga: Satu Nagari di Padang Pariaman Terisolasi Akibat Longsor

"Tadi TRC Semen Padang sudah berkoordinasi dengan kami dan TRC Semen Padang kami arahkan ke banjir di kawasan Mata Air, Jondul, Kecamatan Padang Selatan, karena memang di sana banjir cukup parah. Bahkan sampai 1 meter," katanya.

Kehadiran TRC Semen Padang dalam menggulangi banjir di kawasan Padang Selatan, sebutnya, sangat membantu BPBD Kota Padang, karena banjir yang terjadi di sejumlah titik di Kota Padang membuat BPBD Kota Padang kewalahan.

baca juga: Jalur Sicincin-Malalak Tertimbun Longsor, Akses Buka Tutup

"Kehadiran TRC Semen Padang sangat membantu BPBD Kota Padang, karena mereka ikut membantu kami dan mereka juga punya personil dan peralatan yang memadai," ujarnya.

Hujan lebat dan angin kencang yang menyebabkan banjir, longsor dan pohon tumbang itu terjadi di bebetapa titik di Kota Padang. Paling parah, terjadi di Kecamatan Padang Selatan, yaitu di Kompleks Jondul Rawang, Kelurahan Air Manis, Simpang 6 Pondok, serta dekat Kantor Koramil Mata Air.

Kemudian banjir di Kecamatan Lubeg, terjadi Banuaran belakang Mesjid Muhalimin dan Batuang Taba. "Banjir juga terjadi di Perumahan Bungus, Kecamatan Bungus Teluk Kabung dan di Kecamatan Nanggalo di kawasan Alai dan sejumlah titik lainnya," ungkap Sutan Hendra.

Kemudian bencana longsor , terjadi di Kelok Jariang Bungus Teluk Kabung, kemudian di jalan Lama Koto Kaciak menuju ke Pantai Air Manis. Sedangkan pohon tumbang, tetjadi di jalan Baru arah ke Pantai Air Manis dan di Rt 01 Rw 02 Air Manis.

"Selain TRC Semen Padang, sejumlah relawan dari berbagai instansi, juga ikut membantu kami dalam menanggulangi berbagai bencana tetsebut, termasuk dari relawan Tagana," pungkas Sutan Hendra.(*)

Editor: Riki Suardi