Semen Padang Umumkan Hasil Lomba Puisi dan Poster, Berikut Nama-nama Pemenang

Peserta lomba cipta puisi dan poster Semen Padang saat mengikuti pengumuman pemanang lomba secara virtual.
Peserta lomba cipta puisi dan poster Semen Padang saat mengikuti pengumuman pemanang lomba secara virtual. (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Pemenang lomba cipta puisi dan poster dengan tema 'Millenial Sehat Tanpa Narkoba' yang digelar PT Semen Padang dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional tahun 2020, resmi diumumkan secara virtual pada Kamis, 10 September 2020.

"Ya, sudah resmi kami umumkan pada Kamis kemarin. Pengumumannya kami lakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom yang juga diikuti oleh para peserta lomba," kata Ketua Panitia Lomba Cipta Puisi dan Poster Satrio Rian Bakti, Jumat (11/9/2020).

baca juga: Berpartisipasi Aktif Tanggulangi Dampak Covid-19, Semen Padang Terima Penghargaan dari Pemko Padang

Pengumuman pemenang lomba antar pelajar se-Sumatera Barat (Sumbar) itu disampaikan secara virtual, kata Satrio, karena dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, aktivitas berupa kontak fisik harus dibatasi.

Namun begitu, Satrio juga menyebut bahwa pengumuman pemenang lomba melalui virtual itu tidak mengurangi makna lomba. "Semuanya berjalan lancar dan para peserta puas dengan pengumuman yang kami sampaikan," ujarnya.

baca juga: Semen Padang Adakan Webinar Cegah COVID-19 untuk Istri Karyawan

Satrio juga membeberkan jumlah karya cipta puisi dan poster yang masuk ke meja panitia. Ada 175 karya yang diterima panitia, dan karya tersebut diterima paling lambat pada 30 Agustus 2020.

Untuk juara I lomba puisi tingkat SMP, sebut Satrio, diraih oleh Azeskya Alkeyza Erzeth dari SMP 1 Painan dengan judul karya "Untuk Tuan Yang Bernama" dan untuk Juara I tingkat SMA diraih Puja Anjeli Lawensky dari SMA I Painan dengan judul "Bila Para Angku Berbincang".

baca juga: Tim Baharkam Polri Optimis Semen Padang Kantongi Sertifikat SMP dan Raih Predikat Gold

"Sedangkan untuk jura I lomba cipta poster tingkat SMP, diraih oleh Farisah Anindya Putri dari SMP 1 Batusangkar dan untuk juara I tingkat SMA diraih oleh Irfan Alamsyah dari SMA Negeri 7 Padang," bebernya.

Satrio juga menyampaikan terimakasih kepada BNN , Dinas Pendidikan Kota Padang serta dewan juri yang telah terlibat dalam lomba cipta puisi dan poster ini. Ada dua juri yang terlibat, dari internal dan eksternal Semen Padang .

baca juga: Siswa dan Guru di Payakumbuh Dapat Kuota Internet Gratis, Disdik: Penginputan Data Masih Berlangsung

Dari internal, berasal dari CSR Semen Padang . Sedangkan eksternal, adalah penggiat sastra, sineas dan teater di Taman Budaya, yaitu Halvika dan Nasriono yang sudah punya pengalaman sebagai juri kontes poster dan fotografi di kalangan BUMN.

Lomba cipta puisi dan poster ini digelar bukan hanya sebagai bentuk memperingati Hari Anti Narkoba Internasional tahun 2020, namun output lain dari lomba ini diharapkan dapat mencegah generasi muda Indonesia terbebas dari pengaruh narkotika.

"Narkotika musuh bersama yang harus kita lawan. Salah satu bentuk dari perlawanan tersebut, yaitu dengan mengajak dan mengedukasi generasi muda agar terus berkarya dan terbebas dari penyalahgunaan narkotika. Nah, lomba ini bagian dari edukasi tersebut," pungkasnya.

Berikut nama-nama pemenang lomba cipta puisi dan poster yang digelar PT Semen Padang dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional tahun 2020:

Lomba Puisi (Tingkat SMP)

Juara I : Azeskya Alkeyza Erzeth (SMP 1 Painan)

Judul: Untuk Tuan Yang Bernama

Juara II: Khailiza Azhara (SMP 11 Padang)

Judul: Generasi Sehat Tanpa Narkoba

Juara III: Jihan Luthfiah (SMP 18 Padang)

Judul: Narkoba Menyesatkan

Lomba Puisi (Tingkat SMA)

Juara I : Puja Anjeli Lawensky (SMA I Painan)

Judul : Bila Para Angku Berbincang.

Juara II : Adni Salsabil Azizi (SMA 3 Sumbar)

Judul : Balada Bocah Sakau

Juara III : M. Rabbani Trimeza Puta (SMA 1 Sumbar)

Judul : Lelaki-lelaki dan Tuhannya

Lomba Poster (Tingkat SMP)

Juara I : Farisah Anindya Putri (SMP 1 Batusangkar)

Juara II : Siraj Qolbi Ivago (SMP IT Darel Iman)

Juara III : Zorif Zhido' Andra (SMP 11 Padang)

Lomba Poster (Tingkat SMA)

Juara I : Iran Alamsyah (SMA 7 Padang)

Juara II : Razaqy Aezati Akhra (SMA 3 Batusangkar)

Juara III : Mhd Ulil Abshar (SMA 1 Pariaman)

Sumber: PT Semen Padang

Editor: Riki Suardi