Waspada Penyakit Kaki Gajah, Forum Nagari Indarung Lakukan Sosialisasi

Ratusan masyarakat Lubuk Kilangan menghadiri sosialisasi penularan penyakit kaki gajah di Gedung Serba Guna Semen Padang
Ratusan masyarakat Lubuk Kilangan menghadiri sosialisasi penularan penyakit kaki gajah di Gedung Serba Guna Semen Padang (Istimewa)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Forum Nagari Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang , menggelar sosialisasi penularan penyakit kaki gajah (filariasis) di Gedung Serba Guna (GSG) Semen Padang , Kamis, 29 September 2016.

Sosialisasi yang didukung penuh CSR Semen Padang itu, dihadiri sekitar 100-an masyarakat Luki, petugas Puskesmas Lubuk Kilangan dan pihak dari Dinas Kesehatan Kota Padang .

baca juga: Gowes Siti Nurbaya, Pegiat Sepeda: Panitia Harus Perketat Tiga Titik Ini

Kepala Biro CSR Semen Padang , Dasril mengatakan, sosialisasi ini digelar karena ditemukannya warga yang mengidap penyakit kaki gajah di Bandar Buat dan Koto Lalang.

"Laporan yang kami terima sudah enam orang yang ditemukan menderita penyakit kaki gajah di Lubuk Kilangan," kata Dasril usai menghadiri sosialisasi penularan penyakit kaki gajah .

baca juga: HUT ke-351 Kota Padang, Ini Pesan Mantan Wali Kota

Aturannya, lanjut Dasril, satu orang saja ditemukan penderita penyakit kaki gajah di satu daerah, maka statusnya daerah tersebut dinyatakan endemis.

Oleh karena itu, Dasril menyebut bahwa sosialisasi ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar terhindar dari penyakit yang disebabkan cacing filaria yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk.

baca juga: HUT Kota Padang ke-351, Dokter Andani Dapat Penghargaan

"Selain sosialisasi, pencegahan penyakit kaki gajah dilakukan dengan memberikan vaksin pencegah yang akan dilakukan pada 1-31 Oktober 2016.
Vaksin diberikan kepada masyarakat umum, anak-anak di sekolah, dan perkantoran," pungkas Dasril.(*)

Penulis: Riki Suardi