TRC Semen Padang dan USS Navy Stokdale Bersihkan Pantai Air Manis dari Sampah

Puluhan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang bersama ratusan anggota muda Muhammadiyah Sumbar, Bank Nagari, Telkom, Pemko Padang dan masyarakat, membersihkan Pantai Air Manis Padang
Puluhan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang bersama ratusan anggota muda Muhammadiyah Sumbar, Bank Nagari, Telkom, Pemko Padang dan masyarakat, membersihkan Pantai Air Manis Padang (KLIKPOSITIF/ Riki Wijaya)

KLIKPOSITIF - Puluhan anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang bersama ratusan anggota muda Muhammadiyah Sumbar, Bank Nagari, Telkom, Pemko Padang dan masyarakat, membersihkan Pantai Air Manis Padang dari sampah yang berserakan di bibir pantai.

Pembersihan Pantai "Malin Kundang" yang dibuka langsung oleh Pimpinan Muhammadiyah Sumbar, Shofwan Karim itu, juga dihadiri oleh salah satu peserta Multilaterial Nawal Exercise Komodo (MNEK) 2016, yakni angkatan laut Amerika Serikat (USS Navy Stockdale).

baca juga: Nafas Panjang Perjuangan Benelli Jelajahi Pasar Motor Italia di Sumbar

Wakil Konsul Amerika untuk Sumatera Tamra Greig yang hadir dalam kesempatan itu mengaku barterimakasih atas diikutsertakan USS Navy Stockdale dalam membersihan Pantai Air Manis dari sampah, karena menurutnya, pantai adalah salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi.

"Kalau pantai bersih, tentu para wisatawan akan nyaman berkunjung. Untuk itu, saya mewakili Pemerintahan Amerika mengapreseasi kegiatan ini, karena kami juga negara yang peduli lingkungan. Ke depan diharapkan kebersihan pantai terus dijaga, sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan," kata Tamra Greig kepada KLIKPOSITIF , Rabu, 13 April 2016.

baca juga: DLH Sebut Sampah Medis di Padang Meningkat 27 Persen

Sementara itu, Pimpinan Muhammadiyah Sumbar, Shofwan Karim mengatakan, Pantai Air Manis dipilih sebagai lokasi "Beach Cleaning", karena kunjungan wisatawan di pantai "Malin Kundang" ini cukup tinggi, sehingga kebersihan pantainya perlu dijaga.

"Selain melakukan aksi bersih pantai dari sampah, kami juga melakukan kegiatan advokasi kepada masyarakat di sekitar Pantai Air Manis, terutama kepada para pedagang agar mereka selalu menjaga kebersihan pantai dari sampah," ujarnya.

baca juga: Buang Sampah Sembarangan, Delapan Warga Padang Didenda Rp100 Ribu

Hingga berita ini ditulis, TRC Semen Padang bersama puluhan angkatan laut Amerika Serikat dan sejumlah instansi lainnya, masih melakukan pembersihan bibir pantai dari sampah yang berserakan.

[Riki Wijaya]

baca juga: Turunkan Level PPKM, Wali Kota Padang Targetkan Vaksinasi Covid-19 Capai Target dalam 1 Minggu

Penulis: Fitria Marlina