Semen Padang Gelar Donor Darah

Semen Padang gelar donor darah
Semen Padang gelar donor darah (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- PT Semen Padang terus menunjukkan konsistensinya dalam mendukung ketersediaan darah di PMI Kota Padang. Kali ini, dukungan tersebut diwujudkan melalui kegiatan donor darah yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang , Rabu (14/10/2020)

Donor darah yang digelar PT Semen Padang dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila itu bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah PMI Kota Padang dan dilaksanakan dengan standar protokol COVID-19.

baca juga: PT Semen Padang Bersama 41 BUMN di Sumbar Salurkan 10 Ribu Masker untuk Masyarakat

"Kami senang sekali dengan kegiatan donor darah ini. Meski pandemi, PT Semen Padang tetap menggiatkan kegiatan donor darah bagi karyawan/ti Semen Padang group," kata Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Padang Widyarman saat ditemui di GSG Semen Padang .

Pria yang akrab disapa dr Wide itu menyampaikan bahwa donor darah yang digelar PT Semen Padang ini, sangat berarti sekali bagi PMI Kota Padang, karena di tengah pandemi saat ini, jumlah pendonor menurun hingga 50 persen perharinya.

baca juga: Satgas Bencana BUMN Sumbar Salurkan Puluhan Ribu Masker untuk Masyarakat

Sementara kebutuhan darah terus meningkat. Ia berharap, perusahaan atau intansi lain yang ada di Kota Padang, dapat menggelar kegiatan donor darah seperti yang dilakukan oleh PT Semen Padang secara rutin, supaya PMI Kota Padang dapat memenuhi kebutuhan darah bagi rumah sakit-rumah sakit.

"Selama ini untuk mengatasi kebutuhan darah di rumah sakit, kami meminta darah pengganti dari kekuarga pasien. Ini kami lakukan untuk mengantisipasi kekurangan stok darah di PMI Kota Padang. Jadi, kami berharap dukungan dari instansi atau perusahaan lain yang ada di Padang," katanya berharap.

baca juga: Selama September, UPZ Baznas Semen Padang Salurkan Rp105,5 Juta kepada Para Mustahik

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri mengatakan, donor darah ini merupakan kegiatan rutin perusahaan yang diadakan 4 kali dalam setahun. Namun di masa pandemi ini, pihaknya terbatas untuk mengadakan donor darah . "Donor darah hari ini merupakan yang kedua kali diadakan pada tahun ini," katanya.

"Sebelumnya diadakan pada Juni kemarin. Saat ini, kita memang belum tahu kapan pandemi ini akan berakhir, namun ke depan akan kami usahakan bisa 4 kali setahun, karena donor darah ini program unggulan rutin perusahaan," sambung Oktoweri.

baca juga: Dr.Andani Webinar Bersama Yayasan Igasar Semen Padang; Jangan Takut Corona, Tapi Jangan Lalai

Kepala Unit CSR Semen Padang Muhamad Ikrar menyebut bahwa donor darah ini banyak manfaatnya. Tidak hanya untuk kesehatan saja, tapi juga untuk aspek spritual. "Donor darah ini sama dengan bersedakah. Bagi pendonor ini berkah sekali, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini," ujarnya.

Di samping itu, tambah M.Ikrar, donor darah ini digelar oleh PT Semen Padang secara rutin, juga bertujuan untuk memutus kemungkinan adanya jual beli darah yang tentunya, sangat memberatkan pasien maupun keluarganya.

"Kalau jual beli itu terjadi, maka ibarat jatuh tertimpa tangga bagi pasien dan keluarganya. Terkadang, hal seperti ini tidak dapak dihindari oleh pasien ketika membutuhkan darah di saat ketersediaan darah menipis. Makanya, donor darah ini menjadi kegiatan rutin perusahaan," pungkas Ikrar.

Donor darah yang digelar PT Semen Padang dimulai pukul 08.30 WIB hingga berakhir sekitar pukul 16.00 WIB. Donor darah tersebut dibuka oleh Kepala Unit CSR PT Semen Padang Muhamad Ikrar.

Dalam donor darah yang digelar dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila itu, PT Semen Padang berhasil mendonorkan 135 kantong darah kepada PMI Kota Padang.(*)

Editor: Riki