Dibersihkan TRC Semen Padang dan USS Navy Stockdale, Pantai Air Manis Kini Bebas dari Sampah

Salah seorang anggota TRC Semen Padang membawa kantong plastik berisikan sampah yang dikumpulkan dari bibir Pantai Air Manis
Salah seorang anggota TRC Semen Padang membawa kantong plastik berisikan sampah yang dikumpulkan dari bibir Pantai Air Manis (Riki Wijaya / KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- Pantai Air Manis Kota Padang, Sumatera Barat, sebagai salah satu destinasi wisata pantai yang ramai dikunjungi wisatawan lokal hingga mancanegara, kini terlihat bersih dari sampah yang berserakan di bibir pantai. 

Tentunya, kebersihan pantai di bagian selatan Kota Padang itu, tidak terlepas berkat kerjasama TRC Semen Padang, angkatan laut Amerika Serikat (USS Navy Stockdale), Muhammadiyah dan Pemko Padang yang telah "turun tangan'' untuk membersihkan sampah dari lokasi wisata Batu Malin Kundang itu. 

baca juga: Padang Dilanda Banjir, Semen Padang Turunkan TRC

Untuk itu, Wakil Konsul Amerika untuk Sumatera Tamra Greig mewakili USS Navy Stockdale, mengingatkan agar masyarakat, khususnya yang tinggal di kawasan pantai, termasuk para wisatawan yang datang berkunjung, untuk tidak membuang sampah disembarangan tempat.

"Pantai adalah salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi. Kalau pantai bersih, tentu jumlah wisatawan yang berkunjung akan semakin meningkat, karena mereka merasa nyaman ada di lokasi wisata yang bersih," katanya disela-sela "Beach Cleaning" Pantai Air Manis, Rabu, 13 April 2016.

baca juga: SPH Kini Jadi Salah Satu RS Rujukan Pasien yang Mampu Tampung Pasien COVID-19

Ia juga menuturkan sampah yang terkumpul di Pantai Air Manis ini, didominasi oleh sampah plastik. Untuk itu, kepada masyarakat Kota Padang, ia berharap agar pemakaian sampah plastik bisa dikurangkan.

Caranya, kata Tamra Greig, yaitu dengan mengurangi membawa tas plastik dari pasar ke rumah untuk. Kemudian, tas plastik yang dibawa dari pasar itu, di simpang baik-baik untuk kembali digunakan sebagai keperluan untuk belanjaaan dari pasar.

baca juga: Bantu Atasi COVID-19, Semen Padang Berpartisipasi Aktif di Satgas Bencana Nasional BUMN Sumbar

"Begitu seterusnya. Artinya, gunakan tas plastik itu sampai benar-benar tidak layak digunakan. Kalau sudah tidak layak, barulah tas plastik itu dibuang ke tempat sampah dan jangan dibuang ke dalam selokan, karena kalau ke selokan, bisa hanyus sampai muara dan tentunya, air muara akan kotor," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Pimpinan Muhammadiyah Sumbar, Shofwan Karim. Ia menuturkan jumlah sampah yang berhasil dikumpulkan dari bibir Pantai Air Manis cukup banyak. Namun, berapa beratnya, dia tidak bisa menjelaskan.

baca juga: Di Tengah Pandemi COVID-19, Ini Kiat Admisi Cantik Ini Layani Pasien

"Kami tidak menimbang berapa beratnya, yang jeklas cukup banyak. Sampah yang kami kumpulkan itu kami letakkan di satu tempat kemudian diangkut degan armada sampah untuk dibawa ke tempat penampungan sampah," bebernya.

Penulis: Riki