Peringati Hari Sumpah Pemuda, Forum Nagari Kecamatan dan OKP Luki Gelar Pelatihan Wirausaha dan Penyuluhan HIV/Aids

Kamaruzzaman bersama Ketua KNPI Luki, Yaldi, Ketua KSB Luki dan Sekretaris PPM Luki saat jumpa pers memperiongati Hari Sumpah Pemuda
Kamaruzzaman bersama Ketua KNPI Luki, Yaldi, Ketua KSB Luki dan Sekretaris PPM Luki saat jumpa pers memperiongati Hari Sumpah Pemuda (Klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-88 tahun 2016, Forum Nagari Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki), Kota Padang, akan menggelar sejumlah kegiatan dengan tema "Ekspresi Sumpah Pemuda ".

Di antaranya, lomba gerak jelan, penyuluhan HIV/Aids dan Narkoba, donor darah dan pelatihan kegiatan wira usaha seperti desain grafis, fotografi, photoshop, percetakan dan sablon.

baca juga: Leader Talk Dirkeu Semen Padang; Bekerja dengan Berpegang Prinsip kepada Allah SWT

"Semua rangkaian kegiatan Forum Nagari Kecamatan ini, dipelopori oleh OKP (organisasi kepemudaan) di Luki, seperti Karang Taruna, KNPI, PPM, PMI dan KSB Luki," kata Ketua Forum Nagari Kecamatan Luki, Kamaruzaman saat jumpa pers dengan sejumlah media di Padang, Rabu, 12 Oktober 2016.

Dalam jumpa pers yang digelar disebuah Cafe di kawasan Luki itu, turut dihadiri perwakilan organisasi kepemudaan di Luki. Di antaranya, Ketua KNPI, Yaldi, Ketua PPM, Jhoni Syafrianto, Ketua Karang Taruna, Jufri Ajri dan Ketua KSB Luki, Hendratmo, dan sejumlah pemuda

baca juga: Semen Padang Berikan Bantuan Pendidikan untuk 30 Pelajar di Pampangan

Kamaruzaman melanjutkan, untuk sumber dana seluruh kegiatan tersebut, itu berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR) Semen Padang, karena CSR perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara itu, berkomitmen untuk memajukan Nagari Lubuk Kilangan menjadi daerah yang mandiri.

"Artinya, di samping fokus pada program pemberdayaan, CSR Semen Padang juga mensupport kegiatan sosial di nagari. Baik yang dilakukan oleh Forum Nagari Kecamatan, maupun Forum Nagari Kelurahan. Bahkan per tahunnya, CSR Semen Padang menggelontarkan dana sebesar Rp2,5 miliar," ujarnya.

baca juga: Semen Padang Serahkan Bantuan Mobil Ambulance untuk Masyarakat Baringin

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua KNPI Luki, Yaldi. Dijelaskannya, kegiatan Ekspresi Sumpah Pemuda itu akan dilakukan mulai 22-29 Oktober mendatang yang diawali dengan kegiatan sosialisasi HIV/Aids dan narkoba di SMA 14 Padang.

"Kegiatan sosialisasi itu nantinya akan dihadiri oleh utusan dari masig-masing SMA sederajat lainnya yang ada di Kecamatan Luki," ucap Yaldi. Kemudian pada 24-26 Oktober, lanjutnya, akan diadakan pelatihan kewirausahaan dan donor darah.

baca juga: Semen Padang Melalui Forum Nagari Salurkan Bantuan Pendidikan untuk 93 Pelajar di Batu Gadang

"Pelatihan wirausaha dan donor darah itu dilakukan di Diklat Provinsi, di kawasan Indarung. Bahkan pelatihan wirausaha tersebut, nanti akan dibuka oleh Dirut PT SP dan Walikota Padang. Setelah selesai pelatihan, para peserta wirausaha diberikan modal kerja berupa dana hibah. Total dananya sebesar Rp54 juta," imbuh Yaldi.

Untuk kegiatan jalan santai, Yaldi menambahkan bahwa kegiatannya, diadakan pada 29 Oktober mendatang. Pesertanya, berasal dari murid SD yang ada di Kecamatan Luki. "Jalan Santai ini juga bekerjasama dengan UPTD Pendidikan Kecamatan Luki," bebernya.(*)

Penulis: Riki