Semen Padang Minta Hasil Social Mapping Jadi Rujukan Forum Nagari Susun Program Kerja 2021

Kepala Unit CSR PT.Semen Padang Muhamad Ikrar pada acara sosialisasi Social Mapping, Senin, 9 November 2020
Kepala Unit CSR PT.Semen Padang Muhamad Ikrar pada acara sosialisasi Social Mapping, Senin, 9 November 2020 (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- PT Semen Padang meminta agar seluruh Forum Nagari di 12 kelurahan yang ada di ring 1 perusahaan PT Semen Padang , untuk dapat menjadikan hasil social mapping (pemetaan social) sebagai rujukan untuk merumuskan setiap rencana program kerja Forum Nagari untuk tahun anggaran 2021.

"PT Semen Padang , khususnya CSR perusahaan, berharap masing-masing Forum Nagari dalam penyusunan program kerja tahun depan, fokus kepada kondisi sosial yang sudah di-mappingkan," kata Kepala Unit CSR Semen Padang Muhamad Ikrar usai sosialisasi social mapping di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang , Senin(9/11/2020).

baca juga: Dari Webinar Series #7, Dirut PT Semen Padang; Jaga Keselamat Diri dan Keluarga dari COVID-19

Sosialisasi social mapping 12 kelurahan oleh Local Community Officer (LCO) itu, juga dihadiri Kepala Bidang Bina Lingkungan CSR Semen Padang , dan juga pemangku kepentingan yang terdiri dari Lurah mading-masing kelurahan dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang ada di 12 kelurahan tersebut.

Menurut Ikrar, social mapping ini merupakan tahapan awal perencanaan program perencanaan program Forum Nagari untuk tahun 2021 mendatang. "Jadi artinya, social mapping ini kilometer nol untuk program kerja tahun 2021, sekaligus untuk mereview dampak dari program-program sebelumnya," ujar Ikrar.

baca juga: Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Dimulai, Pakai Produk Semen Padang

Kepada Forum Nagari , lanjut Ikrar, CSR Semen Padang juga berharap program-program sebelumnya kuat, dapat diperkuat lagi. Kemudian, masing-masing Forum Nagari juga diharapkan untuk dapat membuat program unggulan yang kekuatan Community Development-nya juga kuat.

"Masing-masing Forum Nagari kami minta untuk punya program unggulan, terserah program unggulan apa yang mau dibuat. Kalau ada yang fokus kepada pertanian, pendidikan dan juga pada penyakit masyarakat, silahkan dibuat. Tapi yang jelas, harus didukung oleh data yang tertulis dan disepakati pada social mapping," ungkapnya.

baca juga: Situ Koffie, Coffe Shop dengan Konsep Gedung Tua di Flamboyan Padang

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Bidang Bina Lingkungan CSR Semen Padang Masykur Rauf. Kata dia, setelah kegiatan sosialisasi social mapping ini, CSR Semen Padang juga akan turun bersama LCO ke 12 kelurahan yang ada di ring 1 perusahaan untuk mengikuti kegiatan Musyawarah Kito (Muskito) Forum Nagari .

"Dalam Muskito nanti, masing-masing Forum Nagari akan mengundang seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan yang ada di tingkat kelurahan untuk memusyawarahkan rencana program-program yang akan dibuat dan diusulkan oleh Forum Nagari ke CSR PT Semen Padang ," katanya.

baca juga: Yuk Ikuti Webinar dengan Tema Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Anak Selama Masa Pandemi Bersama SPH

Koordinator Local Community Officer Zulmaidi pada sosialisasi social mapping itu menyampaikan, pemetaan sosial ini dilakukan sejak 19-31 Oktober dan merupakan kali keempat yang dilakukan LCO secara berturut-turut dengan tujuan, agar setiap program Forum Nagari yang dibuat menjadi tepat sasaran.

"Social mapping yang kami lakukan ini, dapat dijadikan sebagai Community Development Program bagi CSR Semen Padang . Baik untuk jangka pendek maupun jangka menengah, sesuai dengan grand strategi pelaksanaan program Community Development PT Semen Padang dalam memperkuat visi dan misi Perusahaan, maupun visi dan misi CSR Semen Padang ," katanya.(*)

Editor: Riki