Dokter Ahli Kandungan SPH: Ibu Hamil Lebih Rentan Terkena COVID-19

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Semen Padang Hospital (SPH), dr. Primadella Fegita, Sp. OG
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Semen Padang Hospital (SPH), dr. Primadella Fegita, Sp. OG (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Semen Padang Hospital ( SPH ) dr. Primadella Fegita, Sp. OG mengungkapkan bahwa ibu hamil (Bumil) lebih rentan untuk terkena COVID-19.

"Seorang wanita ketika tengah hamil, mereka akan lebih rentan terkena COVID-19. Mereka rentan terkena virus karna imunitasnya yg menurun selama hamil. Inilah yang mengakibatkan imunitas menjadi lemah," ujar Dokter yang akrab disapa Della ini.

baca juga: Dirawat di RS, Ketum PBNU Said Aqil Mohon Doa Kesembuhan

Selain itu, sistem imun dan kardiovaskular ibu hamil berpotensi memperberat bila terserang virus. Sehingga, kekuatan imunitas tubuh harus benar-benar diperhatikan oleh wanita yang tengah mengandung. Lemahnya sistem imun pada tubuh pada bumil tersebut, lanjutnya, disebabkan oleh beberapa hal seperti perubahan pada sistem tubuh, pertumbuhan embrio dalam rahim hingga kekuatan tubuh yang harus menghidupi satu nyawa dalam tubuh ibu, yakni bayi.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar ibu hamil untuk memperhatikan asupan makanannya agar tidak rentan terkena penyakit. Namun Della menjelaskan bahwa Ibu hamil tak perlu terlalu takut dengan COVID-19 asal memperhatikan beberapa hal agar tidak terkena penularan virus tersebut.

baca juga: Dari Webinar Series #7, Dirut PT Semen Padang; Jaga Keselamat Diri dan Keluarga dari COVID-19

"Ibu hamil tidak boleh memiliki kecemasan yang berlebihan. Untuk menjaga diri agar tidak terkena COVID-19 yaitu dapat keluar rumah sesuai kebutuhan saja, seperti kontrol kehamilan . Yaitu minimal kunjungan sebanyak 4 kali selama kehamilan , 1 kali pada Trimester (TM) pertama, 1 kali TM kedua dan 2 kali pada TM ketiga," katanya.

Di sisi lain, ia menjelaskan COVID-19 tidak mempengaruhi peluang kehamilan dari seorang perempuan. Hal itu menurutnya, karena COVID-19 tidak menyerang uterus ataupun ovarium seseorang, sehingga perempuan yang telah sembuh dari COVID-19 tidak perlu merasa cemas dengan untuk memiliki momongan.

baca juga: Pakar UNICEF Sebut Pandemi Tingkatkan Cyberbullying

Selama masa pandemi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ibu hamil dalam menjaga kehamilan seperti

Melakukan kontrol minimal 4 kali tetapi boleh lebih bila ada masalah di kandungannya. Tiap TM, bumil sedapat mungkin dapat melakukan pemeriksaan USG untuk melihat perkembangan kehamilannya, sementara khusus TM terakhir diusahakan lebih dari 1 kali untuk dilakukan pemeriksaan.

baca juga: Peneliti Temukan Gangguan Hidung Lain Pada Pasien Covid-19

Namun ia mengingatkan saat keluar rumah untuk kontrol, bumil tetap harus jaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker dan cuci tangan setiap memegang sesuatu. Selain itu, disarankan untuk mandi setelah pulang dari berpergian agar tidak terkena penularan COVID-19 dari luar rumah.

Primadella memberikan beberapa tips untuk bumil yang tengah mengandung anaknya. Ia berpesan agar bumil jangan lupa selalu berdoa dan beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Selain itu, ia mengingatkan agar bumil tidak panik dan stres berlebihan, terutama karena pandemi ini.

"Kemudian, bumil diharapakan tetap menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat.

Selanjutnya Makan makanan yang bergizi, tinggi protein dan konsumsi makanan kaya serat dan vitamin.

Dan jangan lupa jaga jarak dan pakai masker, usahakan keluar rumah bila ada urusan sangat penting atau untuk kontrol kehamilan saja," ujar dokter Della.

Untuk bumil yang ingin melakukan kontrol atau diskusi terkait masalah kehamilan pada dr. Primadella Fegita, Sp. OG, silahkan datang ke SPH untuk membuat jadwal.. Jadwal prakter dokter Della yakni pada Hari Senin dan Kamis dengan jam kerja yakni pukul 09.00 - 11.00 WIB. Atau lakukan pendaftaran online pada website SPH .(*)

Editor: Khadijah