PT Semen Padang Ekspor Semen dan Klinker Sebanyak 1,5 Juta MT Lebih Selama 2020

Kapal LV Luga berbendera Australia yang akan mengangkut semen produksi PT Semen Padang ke Australia bersandar di dermaga Pelabuhan Teluk Bayur Padang beberapa waktu lalu
Kapal LV Luga berbendera Australia yang akan mengangkut semen produksi PT Semen Padang ke Australia bersandar di dermaga Pelabuhan Teluk Bayur Padang beberapa waktu lalu (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Selama tahun 2020, PT Semen Padang telah mengekspor sebanyak 1,58 juta Metric Ton (MT) semen dan klinker ke pelbagai negara di dunia.

SVP of Sales PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Rahman Kurniawan mengatakan, semen dan klinker sebanyak 1,5 juta ton lebih itu diekspor ke Bangladesh, China, Malaysia, Myanmar, Philipina, Australia , Maldives dan Sri Lanka.

baca juga: Rinold Thamrin, Mantan Dirut PT KSSP Terpilih sebagai Ketum FKKSP Group

"Di tahun 2020, kami mengekspor semen dan klinker. Untuk semen, ada dua tipe yang diekspor, yaitu tipe OPC Type I Grade 52,5N dan OPC Type I Grade 42,5N," kata Rahman Kurniawan, Selasa (4/1/2021).

Rahman mengatakan, ekspor klinker paling dominan yakni ke Bangladesh, kemudian Myanmar, China, Malaysia dan Philipina. Kemudian untuk ekspor semen, dominan ke Australia , Maldives dan Sri Langka.

baca juga: Kongres ke-VIII FKKSPG Resmi Dibuka, Ampri Satyawan: Semoga Dapat Melahirkan Keputusan Strategis

"Total semen yang diekspor selama 2020 sebanyak 200 ribuan MT dan klinker 1,35 juta MT," ujarnya. Untuk tahun 2021, kata Rahman melanjutkan, PT Semen Padang akan terus meningkatkan ekspor semen dan klinker dengan memperluas pangsa pasar dunia.

"Tahun 2020 dan 2021 ini tantangan bagi PT Semen Padang , karena pandemi ini tidak hanya berdampak kepada kesehatan, tapi juga ekonomi dunia dan itu dampaknya luar biasa sekali. Mudah-mudahan, pandemi ini cepat berlalu supaya ekspore 2021 bisa lebih tinggi dari 2020," ujarnya.(*)

baca juga: Semen Padang Hospital Launching Vaksinasi COVID-19, 671 Nakes Siap Disuntik

Editor: Riki