Inilah Tempat Belajar Siswa yang Diseleksi CSR Semen Padang untuk Sekolah di Sampoerna Akademy Boarding School

Pelajar SMP di Lubuk Kilangan, Kota Padang, tengah mengikuti ujian diskusi yang diselenggarakan CSR Semen Padang dan Yayasan Putra Sampoerna Foundation di SMP Semen Padang. Ujian ini merupakan salah satu rangkaian seleksi Sampoerna Akademy Boarding School.
Pelajar SMP di Lubuk Kilangan, Kota Padang, tengah mengikuti ujian diskusi yang diselenggarakan CSR Semen Padang dan Yayasan Putra Sampoerna Foundation di SMP Semen Padang. Ujian ini merupakan salah satu rangkaian seleksi Sampoerna Akademy Boarding School. (Riki Wijaya / KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF -- PT Semen Padang melalui Corporate Social Responsibility ( CSR ) bersama Yayasan Putra Sampoerna Foundation, saat ini tengah melakukan seleksi terhadap 10 orang siswa kelas IX SMP di tiga sekolah di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, untuk disekolahkan di Sampoerna Akademy Boarding School.

Hingga kini 10 orang siswa itu tengah mengikuti tiga rangkaian seleksi yang diselenggarakan di SMP Semen Padang . Ketiga rangkaian seleksi itu, yakni akademik, diskusi dan interviuw.

baca juga: Tim Inovasi Semen Padang Raih 3 Platinum di Ajang ICQCC Bangladesh

Setelah rangkaian seleksi dilewati, maka nantinya pihak Yayasan Putra Sampoerna Foundation akan mengumumkan dua nama yang lolos untuk disekolahkan di Sampoerna Akademy Boarding School selama lima tahun dengan rincian, yaitu tiga tahun SMA dan dua tahun di perguruan tinggi.

Mau tahu apa itu Sampoerna Akademy Boarding School? Berikuti penelusuran KLIKPOSITIF di laman sampoernafoundation.org.

baca juga: Win Bernadino ke Aceh, Faisal Arif Jabat Ketua Umum SPSP Pengganti Antar Waktu

Sampoerna Academy adalah program pendidikan yang didesain oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF) dengan sistem berasrama berstandar internasional dan telah berjalan selama hampir tiga tahun.

Pada tahun akademik 2011/2012, program ini telah diterapkan di empat kota, yaitu di Malang, Palembang, Bali dan Bogor. Hingga tahun 2011, Sampoerna Academy telah membantu lebih dari 900 anak pra-sejahtera untuk dapat menganyam pendidikan SMA melalui pemberian beasiswa.

baca juga: Semen Padang Targetkan Efisiensi Energi 3 Persen Pada 2024

Tak hanya sekedar mengasah aspek kognitifnya, Sampoerna Academy juga berkomitmen untuk mendidik siswanya menjadi calon pemimpin masa depan bangsa yang juga memiliki integritas, nilai-nilai moral, dan bertekad memberdayakan bangsanya.

Sampoerna Academy dirancang untuk menyediakan akses pada pendidikan berstandar internasional bagi generasi muda yang memiliki prestasi gemilang dan potensi kepemimpinan tinggi.

baca juga: Yayasan Semen Padang Angkat 48 Pekerja Honorer Jadi Karyawan Tetap

Ada dua skema perekrutan siswa-siswi Sampoerna Academy, melalui skema berbayar dan bantuan pendidikan. Dua skema ini dibuat untuk memberi kesempatan pada berbagai kalangan (siswa-siswi dari keluarga sejahtera dan pra sejahtera) tanpa membedakan ras, agama, suku dan golongan.

Keunggulan lainnya adalah sistem sekolah berasrama yang diterapkan bagi para siswa. Sistem pendidikan berasrama memberikan waktu yang cukup bagi sekolah untuk memberikan pengajaran akademik, membangun karakter, menanamkan nilai-nilai moral seperti empati, toleransi dan kesadaran sosial yang merupakan elemen-elemen penting dalam pengembangan diri calon pemimpin bangsa.

Sampoerna Academy dirancang sedemikian rupa dengan harapan dapat menjadi contoh bagi sekolah nasional lainnya, khususnya dalam mengimplementasi standar internasional, sistem pendidikan asrama dan memiliki visi untuk menciptakan pemimpin masa depan dengan moral yang baik.

Langsung bekerja

Perwakilan Yayasan Putra Sampoerna Foundation, Tobias Susanto mengatakan, siswa yang belajar di Sampoerna Akademy Boarding School itu nantinya akan menerima dua ijazah, yaitu dari Sampoerna Akademy dan dari Lusiana State University dari Amerika.

Menariknya, kata Tobias, begitu kelas XI hingga XV, para siswa sudah mengambil SKS yang ada di perguruan tinggi, sehingga begitu selesai SMA, mereka hanya menambah jumlah SKS yang tersisa di tingkat perguruan tinggi kami, yaitu di Sampoerna University.

Kemudian yang tidak kalah menariknya, yaitu setiap lulusan Samporna Akademy Boarding School akan ditempatkan untuk bekerja diperusahaan mitra kerja Yayasan Putra Sampoerna Foundation.

"Ada 230 rekan kerja yang kami miliki. Diantaranya, Astra Internastional, Mercedes-Benz, Nutrifrood, Nielsen, Cathay Pacific, dan perusahaan besar lainnya yang ada di Indonesia," kata Tobias saat ditemui KLIKPOSITIF di SMP Semen Padang , Kamis, 14 April 2016.

Ia juga membeberkan ada dua jurusan di Samporna Akademy Boarding School, yaitu enginering teknikal dan industrial. "Kedua jurusan itu menjadi fokus kami, karena peluang pekerjaan untuk kedua jurusan itu sangat banyak," bebernya. 

Sementara itu, Alya Dewata Putri Dianta, salah seorang peserta seleksi Sampoerna Akademy Boarding School berharap agar ia bisa diterima untuk belajar di sekolah bertaraf internasional tersebut, karena menurutnya, menjamin siswa untuk bisa berprestasi.

"Saya mengatakan seperti itu, karena penjaringan calon siswanya cukup ketat dan saya sangat berharap bisa diterima belajar di Sampoerna Akademy Boarding School," kata remaja 15 tahun itu saat ditemui di sekolahnya.

Alasan lainnya yang membuat dirinya ingin bergabung di Sampoerna Akademy Boarding School, yaitu adanya pendidikan karakter dan nilai-nilai moral seperti empati, toleransi dan kesadaran sosial. "Karakter dan nilai moral itu adalah elemen-elemen penting dalam pengembangan diri kita," ujarnya.

Penulis: Riki