Semen Padang Serahkan Bantuan Kontainer Bak Sampah untuk Masjid Raya Sumbar

Kadept Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri (tengah) usai  menyerahkan bantuan satu unit kontainer bak sampah untuk Masjid Raya Sumbar, Senin (22/3/2021).
Kadept Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri (tengah) usai menyerahkan bantuan satu unit kontainer bak sampah untuk Masjid Raya Sumbar, Senin (22/3/2021). (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan Masjid Raya Sumatera Barat ( Sumbar ),PT Semen Padang memberikan bantuan satu unit kontainer bak sampah untuk Masjid Raya Sumbar , Senin (22/3/2021).

Bantuan kontainer dari perusahaan semen plat merah di Kota Padang itu, diserahkan oleh Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri, kepada Ketua Harian Pengurus Masjid Raya Sumbar Sobhan Lubis.

baca juga: Kiprah Tim STORE1908 Semen Padang dalam Mempertahankan Orisinalitas PLTA Rasak Bungo Sebagai PLTA Tertua di Indonesia

Penyerahan kontainer bak sampah itu turut dihadiri Asisten III Pemprov Sumbar Nasir Ahmad, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar Siti Aisyah. Kemudian dari Semen Padang , hadir Kepala Unit CSR Rinold Thamrin, Kepala Unit HSE Musytaqim Nasra, serta Kepala Bidang Bina Lingkungan CSR Masykur Rauf dan Staf Adm & Keuangan CSR Delfi Adri.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri menyebut bahwa kontainer bak sampah ini diberikan, karena PT Semen Padang peduli terhadap kebersihan Masjid Raya Sumbar yang merupakan salah satu destinasi religi di Kota Padang, apalagi kondisi pandemi Covid-19 saat ini, juga telah membawa perubahan kepada kebersihan, disamping menerapkan protokol kesehatan 3M.

baca juga: Pemkab Pessel Anggarkan Bantuan Safari Ramadan Rp7,5 Juta Per Masjid dan Musala

Oleh sebab itu, Oktoweri berharap kepada pengurus Masjid Raya Sumbar untuk dapat memanfaatkan bantuan kontainer bak sampah ini sebaik mungkin dalam menjaga lingkungan Masjid Raya Sumbar semakin bersih dan asri, sehingga para pengunjung masjid, termasuk pelancong dari berbagai daerah yang datang ke masjid ini untuk salat, semakin nyaman melihat keindahan masjid kebangaan masyarakat Sumbar ini.

"Nilai kontainer bak sampah ini memang tidak seberapa. Tapi kami di Semen Padang , peduli terhadap kebersihan lingkungan masjid ini. Apalagi, kebersihan adalah budaya. Kontainer bak sampah ini merupakan salah satu insfrastruktur kebersihan," kata Oktoweri usai acara penyerahan kontainer bak sampah di Masjid Raya Sumbar .

baca juga: Agendakan 55 Kunjungan, Begini Teknis Safari Ramadan Pemkab Pessel Tahun Ini

Sementara itu, Ketua Harian Pengurus Masjid Raya Sumbar Sobhan Lubis mengatakan, kekhusyukan saat beribadah tergantung pada kebersihan tempat ibadahnya. Dan tentunya, bantuan kontainer ini sangat bermanfaat dalam mewujudkan lokasi atau lingkungan masjid menjadi bersih.

Untuk itu, Ia atas nama Pengurus Masjid Raya Sumbar mengucapkan terimakasih kepada Semen Padang yang telah memberikan bantuan kontainer bak sampah , karena memang sejauh ini Masjid Raya Sumbar belum memiliki kontainer bak sampah .

baca juga: Serikat Pekerja Semen Padang Gelar Donor Darah, 170 Kantong Darah Terkumpul

"Terimakasih Semen Padang . Kami memang tidak bisa membalas kebaikan dari Semen Padang . Kami hanya bisa mendoakan agar Semen Padang sebagai perusahaan kebangaan kita masyarakat Sumbar , semakin sukses dan semakin berbuat untuk lingkungan di Sumbar ," katanya.

Asisten III Sumbar Nasir Ahmad menambahkan bahwa di Masjid Raya Sumbar ini, ketersediaan kontainer bak sampah memang terbatas, dan ia mewakili Pemprov Sumbar , juga mengucapkan terimakasih kepada Semen Padang yang telah hadir untuk memenuhi kebutuhan kontainer bak sampah di Masjid Raya Sumbar .

"Ini kontainer bak sampah pertama yang dimiliki Masjid Raya Sumbar . Untuk pemanfaatanya, kami akan segera atur jadwal antar jemput kontainer bak sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, supaya sampah tidak lagi menumpuk, sehingga lingkungan masjid selalu bersih dari sampah ," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar Siti Aisyah. Kata dia, kontainer bak sampah dari Semen Padang yang diletakkan di sisi selatan Masjid Raya Sumbar ini juga dapat dimanfaatkan oleh petugas pemungut sampah di Masjid Raya Sumbar untuk sebagai fasilitas pembelajaran pengolahan sampah menjadi kompos.

"Kontainer bak sampah ini kedepan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Bukan hanya untuk menampung sampah dari tong sampah yang ada di sekitar masjid, tapi juga sebagai tempat pengolahan sampah , seperti untuk pemilahan sampah yang akan dijadikan sebagai kompos, supaya bernilai ekonomis bagi petugas sampah yang ada di masjid ini," ujarnya.(*)

Editor: Riki