Tingkatkan Kemampuan Tim, TRC Semen Padang Ikuti Pelatihan SAR Gunung Hutan di Welirang

Spanduk Gladian SAR Gunung Hutan terpasang di kawasan Gunung Welirang, Jawa Timur
Spanduk Gladian SAR Gunung Hutan terpasang di kawasan Gunung Welirang, Jawa Timur (Istimewa)

KLIKPOSITIF -- Untuk meningkatkan kualitas personil dan tim, PT Semen Padang mengirim anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) ke Gunung Welirang, Jawa Timur, untuk mengikuti Gladian SAR Gunung Hutan.

Dalam pelatihan yang berlangsung sejak Jumat hingga Minggu, 17 April 2016 mendatang, kelompok peduli bencana milik perusahaan 'plat merah' di Lubuk Kilangan itu mengikuti serangkaian kegiatan penanggulangan bencana.

baca juga: Lanjutkan Konservasi Iklan Bilih di Kolam Pemijahan, Semen Padang Kembali MoU dengan LPPM UBH

Diantaranya, melakukan simulasi pencarian pendaki hilang di Gunung Welirang, Jawa Timur, dan sejumlah kegiatan lainnya yang ditaja oleh SAR Surabaya tersebut. 

Ketua TRC Semen Padang , Kiki Warlansyah yang ikut ambil bagian dalam pelatihan SAR Gunung Hutan itu mengatakan, dalam simulasi tersebut, digambarkan bahwa 13 April 2016, lima orang pendaki awalnya menaiki puncak Gunung Welirang melalui jalur Tretes dengan meminta izin kepada Posko Izin Pendakian.

baca juga: Tim Inovasi Semen Padang Raih 3 Platinum di Ajang ICQCC Bangladesh

Kemudian, besoknya sekitar pukul 16.00 WIB, dua orang pendaki melapor ke Posko Izin Pendakian bahwa satu orang rekan mereka hilang saat turun dari puncak Gunung Welirang. Mendapat laporan itu, SAR Surabaya langsung melakukan pencarian hingga Jumat pagi sekitar pukul 10.00 WIB.

"Karena tidak ditemukan, akhirnya SAR Surabaya melakukan open rescue, sehingga semua potensi SAR, termasuk TRC Semen Padang langsung mengambil bagian untuk melakukan pencarian," kata Kiki
Warlansyah saat dihubungi KLIKPOSITIF via handphone dari Padang Jumat, 15 April 2016.

baca juga: Win Bernadino ke Aceh, Faisal Arif Jabat Ketua Umum SPSP Pengganti Antar Waktu

Simulasi pencarian pendaki yang hilang di gunung yang memiliki ketinggian 3.156 meter dari permukaan laut (dpl) itu, kata Kiki melanjutkan, hingga Jumat sore ini masih terus berlangsung. 

"Simulasi pencarian satu orang pendaki hilang di Gunung Welirang itu dibagi dengan tiga kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari lima orang," ujarnya.

baca juga: Semen Padang Targetkan Efisiensi Energi 3 Persen Pada 2024

Karyawan PT Semen Padang ini juga menuturkan bahwa TRC Semen Padang ikut ambil bagian dalam Gladian SAR Gunung Hutan ini, bertujuan untuk melihat sejauh mana kemampuan TRC Semen Padang
dalam memberikan pertolongan.

Baik kepada korban bencana, maupun terhadap pencarian orang hilang. "Gladian SAR Hutan Gunung Ini menjadi tolak ukur bagi kami di TRC. Baik tim maupun individu," bebernya.

Kiki juga mengakui bahwa Gladian SAR Gunung Hutan ini, juga diikuti oleh tiga orang anggota TRC Semen Padang lainnya. Selain dirinya, kata Kiki, juga ada Edi Fahrizal, Marsudi dan Doni Maizar.

"Apa yang didapat selama Gladian SAR Gunung Hutan ini, akan kami terakpan di TRC, sehingga dapat meningkatkan SDM anggota TRC dalam memberikan pertolongan. Baik dalam kondisi bencana maupun pencarian terhadap orang hilang di darat dan dilaut," pungkasnya.

Penulis: Riki