Ninik Mamak Sebut Keberadaan Semen Padang Untungkan Masyarakat Lubuk Kilangan

Pabrik PT Semen Padang
Pabrik PT Semen Padang (Net)

KLIKPOSITIF -- Sejumlah tokoh masyarakat Lubuk Kilangan, termasuk pengurus Kerapatan Adat Nagari, mengakui bahwa keberadaan PT Semen Padang di Nagari Lubuk Kilangan, Kota Padang, sangat menguntungkan masyarakat. 

Buktinya, selain berkontribusi kepada pembangunan insfastruktur di nagari, perusahaan semen tertua di Indonesia ini juga tidak pernah lengah untuk terus memberikan perhatian kepada perekonomian masyarakat Lubuk Kilangan.

baca juga: Semen Padang Targetkan Efisiensi Energi 3 Persen Pada 2024

"Sekarang ini, ada bantuan CSR yang direalisaskikan melalui Forum Nagari Kelurahan yang ada di Kecamatan Lubuk Kilangan. Program ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya," kata Sekretaris Forum Nagari Lubuk Kilangan, Kamaruzaman kepada KLIKPOSITIF , Jumat, 15 April 2016.

Bantuan yang disalurkan kepada nagari oleh CSR , menurut Kamaruzaman, itu cukup besar. Karena nilai plafonnya Rp300 juta per tahun untuk setiap kelurahan yang ada di Kecamatan Lubuk Kilangan.

baca juga: Yayasan Semen Padang Angkat 48 Pekerja Honorer Jadi Karyawan Tetap

"Ada tujuh kelurahan yang ada di Lubuk Kilangan. Jika dikalkulasikan, maka masyarakat Lubuk Lilangan menerima bantuan dari Semen Padang sebesar Rp2,1 miliar setiap tahunnya. Ini angka yang fantastis sekali diberikan Semen Padang kepada kita," tuturnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Wakil Ketua KAN Lubuk KIlangan, Asril Aziz Rajo Bujang. Menurutnya, selain memberikan bantuan kepada masyarakat, Semen Padang dinilai juga mengutamakan anak nagari untuk bekerja sebagai karyawan di Semen Padang , maupun di anak perusahaan.

baca juga: COVID; Selain Serang Imun Tubuh, Juga Berimbas ke Obesitas

"Kalau dihitung, mungkin jumlah anak nagari yang bekerja sebagai karyawan di Semen Padang sudah ribuan, dan jumlah itu belum termasuk anak nagari yang bekerja di berbagai anak perusahaan Semen Padang ," ujarnya.

Ia berharap, perhatian Semen Padang kepada nagari jangan sampai berhenti, karena Semen Padang sudah menjadi bagian nagari. "Hubungan Semen Padang dan nagari harus terus dijaga dengan baik dan setiap program bantuan, juga terus disinergikan oleh Semen Padang dengan program yang ada nagari," katanya.

baca juga: Dari Webinar Series #7, Dirut PT Semen Padang; Jaga Keselamat Diri dan Keluarga dari COVID-19

Sebelumnya, Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum (KSU) PT Semen Padang , Ampri Satyawan mengatakan bahwa Semen Padang sejak 1987 hingga sekarang, sudah menggelontarkan anggaran CSR sebesar Rp103 miliar lebih kepada masyarakat Sumbar.

Uang sebesar itu, kata dia, telah disebar kepada 6.000 lebih UMKM. "Sebagian besarnya, merupakan UMKM yuang ada di Lubuk Kilangan," ucap Ampri pada Penutupan Pelatihan UMKM PT Semen Padang , pada Kamis, 31 Maret 2016 lalu di Gedung Serbaguna PT Semen Padang .

Menurutnya, sebagai perusahaan kebanggaan Indonesia, PT Semen Padang telah menjalankan program kemitraan ini sejak pemerintah belum mengeluarkan regulasi tentang CSR . "Ini adalah komitmen kami untuk membantu para UMKM yang ada di Sumbar, terutama UMKM Lubuk Kilangan," tuturnya. 

Penulis: Riki