TRC SP Siapkan Anggota Baru untuk Membantu Kebencanaan di Sumbar

Personil TRC Semen Padang saat mengikuti simulasi water rescue di Kenagarian Gaung, Kecamatan Kubung, Solok beberapa waktu lalu
Personil TRC Semen Padang saat mengikuti simulasi water rescue di Kenagarian Gaung, Kecamatan Kubung, Solok beberapa waktu lalu (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Direktur Produksi PT Semen Padang, Indrieffouny Indra, melantik 55 personil baru Tim Reaksi Cepat ( TRC ) Semen Padang di Embung Lampito, Kenagarian Gaung, Kecamatan Kubung, Solok Kamis, 24 November 2016 malam.

Baca: Tingkatkan Skill Personil, TRC Semen Padang Ikuti Latihan Vertical Rescue

baca juga: Longsor, Dua Unit Rumah Tertimbun dan Akses Jalan di Nyiur Melambai Pessel Tertutup Material

Pelantikan anggota organisasi kepedulian terhadap bencana milik perusahaan semen pertama di Indonesia itu, dilakukan setelah puluhan anggota baru tersebut mengikuti berbagai seleksi dan pelatihan.

Indrieffouny Indra mengatakan, anggota baru TRC Semen Padang yang telah dilantik tersebut, diharapkan dapat menjalankan amanah dari perusahaan, dan menjadi garda terdepan dalam membantu masyarakat.

baca juga: Kelompok Jurnalis Jadi Salah Satu Tim Terbaik Perancang Infografis Kebencanaan

"Kami mewakili manajemen Semen Padang mengucapkan selamat kepada anggota baru TRC . Semoga TRC dapat menjadi wakil dari perusahaan untuk membantu masyarakat lewat Semen Padang Peduli," katanya usai melantik anggota baru TRC Semen Padang.

Direktur yang akrab disapa Arief itu menambahkan, sejak didirikan, TRC terus memberikan kontribusi dalam membantu masyarakat saat terjadi bencana . Baik di Sumatera Barat maupun di seluruh Indonesia.

baca juga: Bimtek Angkatan Ke-3 Berakhir, BPBD Sumbar Minta Peserta Jaga Marwah Jitu Pasna

"Keberadaan TRC Semen Padang ini tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan semata, tetapi juga memberikan hal positif bagi masyarakat yang tertimpa musibah. Semoga, dengan keikhlasan yang diberikan juga menjadi amal ibadah bagi anggota TRC sendiri," tambahnya.

Sementara itu, Koordinator TRC Semen Padang Kiki Warlansyah mengatakan, anggota TRC Semen Padang yang dilantik kali ini berjumlah 55 orang yang telah di SK kan oleh Direktur Utama PT Semen Padang.

baca juga: Mendata, Menghitung dan Mengkaji Kebutuhan Pascabencana di Sumbar

Menurutnya, dengan telah dilantiknya anggota baru TRC , maka nantinya TRC Semen Padang akan semakin siap dalam membantu masyarakat ketika terjadi bencana . Apalagi menurutnya, Sumatera Barat adalah daerah yang rawan bencana .

"Saat ini komposisi TRC Semen Padang diisi 40 persen anggota baru dan 60 persen anggota lama," ujar Kiki.

Kiki memaparkan keterlibatan TRC dalam memberikan penanggulangan bencana . Mulai dari gempa bumi 2009 di Padang, Tsunami Mentawai, banjir di Pessel, Kebakaran di Kota Padang dan sejumlah kegiatan kebencanaan alam lainnya.

"Bahkan, TRC juga terlibat dalam penanggulangan bencana di Sumatera Utara yang disebabkan terjadinya erupdi Gunung Sinabung, serta ikut berpartisipasi dalam Pasific Partnership 2016 yang melibatkan beberapa negara," bebernya.(*)

Penulis: Riki