Sekolah Binaan Semen Padang, MTs Luki Antarkan 93 Persen Lulusannya ke Sekolah Negeri

Kepala MTs Lubuk Kilangan Zulmaidi mewisuda dan memasang selempang 15 Siswa/wi penghafal 1 juz Alquran pada 19 Juni 2021. Pada tahun ini, lulusan MTs Luki 93 persen diterima di sekolah negeri.
Kepala MTs Lubuk Kilangan Zulmaidi mewisuda dan memasang selempang 15 Siswa/wi penghafal 1 juz Alquran pada 19 Juni 2021. Pada tahun ini, lulusan MTs Luki 93 persen diterima di sekolah negeri. (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sekolah binaan PT Semen Padang MTs Lubuk Kilangan berhasil mengantarkan sebanyak 54 orang dari 58 lulusan atau sebanyak 93 % ke sekolah negeri melalui jalur prestasi dan jalur reguler.

Kepala MTs Lubuk Kilangan Zulmaidi mengaku bangga dengan capaian yang diraih oleh lulusan MTs Lubuk Kilangan angkatan kedua.

baca juga: Gerak Cepat, PT Semen Padang Bantu Korban Kebakaran di Tarantang

"Alhamdulillah, kami bangga sekali, karena sebanyak 54 orang siswa kami dinyatakan lulus di sekolah negeri," kata Zulmaidi, Selasa (6/7/2021).

Zulmaidi juga merinci sebaran sekolah dari lulusan MTs Lubuk Kilangan. Untuk jalur prestasi, kata dia, ada sebanyak 21 orang dan mereka diterima di MAN 1 Padang sebanyak 6 orang, SMAK Padang 1 orang dan SMA 14 Padang 4 orang.

baca juga: FKKSPG Kirim 13 Atlet Binaan ke PON Papua, Rinold Thamrin: Target Kami 5 Medali Emas

Kemudian, SMA 4 Padang 1 orang, SMK 1 Sumbar 1 orang, SMK 1 Padang 1 orang, SMK 4 Padang 1 orang, SMK 8 Padang 2 orang, SMK Gunung Talang Solok 1 orang, SMA 1 Lengayang 1 orang, SMK 7 Padang 1 orang, dan SMK 9 Padang 1 orang.

Kemudian melalui jalur reguler sebanyak 28 orang, juga diterima di berbagai sekolah negeri lainnya, seperti SMK 1 Sumbar, MAN 1 Padang, SMK 1 Padang, dan dibeberapa sekolah negeri lainnya di Kota Padang.

baca juga: Selama Agustus, Semen Padang Ekspor Semen dan Klinker 111 Ribu MT

"Pada tahun lalu atau lulusan angkatan pertama, semua siswa MTs Lubuk Kilangan juga diterima di sekolah negeri. Dan tentunya, ini sebagai tolak ukur bagi kami untuk menentukan kualitas pendidikan MTs Lubuk Kilangan ke depan," ujarnya.

Pada lulusan angkatan kedua ini, Zulmaidi mengatakan bahwa sebenarnya, semua lulusan MTs Lubuk Kilangan diterima di sekolah negeri. Namun dari semua lulusan tersebut, 4 orang diantaranya memilih sekolah swasta, yaitu SMK Semen Padang .

baca juga: Meraih Berkah dari Potensi Kopi Bancah

"Sebanyak 4 orang lulusan yang memilih SMK Semen Padang itu sebenarnya kalau masuk negeri juga diterima, karena nilainya tinggi. Tapi mereka memilih SMK Semen Padang dengan alasan, dekat dari rumah dan SMK Semen Padang juga merupakan sekolah SMK terbaik di Padang," ungkapnya.

Zulmaidi pun mengakui bahwa capaian MTs Lubuk Kilangan ini, tidak terlepas dari dukungan penuh PT Semen Padang dan juga UPZ Baznas Semen Padang , karena MTs Lubuk Kilangan merupakan salah satu sekolah binaan PT Semen Padang .

Untuk itu mewakili madrasah, Zulmaidi mengucapkan terimakasih kepada manajemen PT Semen Padang dan UPZ Baznas Semen Padang yang telah memberikan dukungan moril dan materil kepada MTs Lubuk Kilangan.

"Kami sangat bangga menjadi binaan PT Semen Padang dan juga UPZ Baznas Semen Padang . Untuk itu, kami berterimakasih atas dukungannya selama ini. Kami berharap, dukungan tersebut terus berlanjut untuk kepentingan generasi remaja masyarakat kurang mampu di sekitar perusahaan PT Semen Padang ," kata Zulmaidi.

Terpisah, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengaku bangga dengan capaian yang diraih lulusan MTs lubuk Kilangan, karena capaian tersebut sudah sesuai dengan harapan PT Semen Padang dalam mengembangkan program pendidikan untuk masyarakat ring 1 perusahaan.

"Semoga capaian ini terus dipertahankan dan ditingkatkan di masa datang. Selamat untuk semua lulusan MTs Lubuk Kilangan yang diterima di sekolah negeri, karena untuk masuk sekolah negeri tidak mudah, banyak persaingan dan kuota sekolah negeri juga terbatas di masing-masing sekolah," kata Nur Anita.

MTs Lubuk Kilangan berada di bawah naungan Yayasan Perguruan Islam Lubuk Kilangan pada 4 Juli 2017. Semua operasional sekolah dibantu penuh oleh UPZ Baznas dan juga bantuan dari CSR PT Semen Padang . (*)

Editor: Riki