Idul Adha 1442 H, PT Semen Padang Salurkan Hewan Kurban

Penyerahan hewan kurban oleh Staf CSR Semen Padang kepada pengurus  Masjid Raya Teluk Bayur Padang
Penyerahan hewan kurban oleh Staf CSR Semen Padang kepada pengurus Masjid Raya Teluk Bayur Padang (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - PT Semen Padang menyalurkan hewan kurban untuk masyarakat lingkungan perusahaan, Senin (19/7/2021). Penyaluran hewan kurban yang terdiri dari 28 ekor sapi dan 6 ekor kambing itu dilakukan dalam rangka Idul Adha 1442 H.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang di Padang Nur Anita Rahmawati, di Padang, Senin (19/7/2021) menjelaskan, penyaluran hewan kurban ini merupakan kegiatan rutin perusahaan menjelang Idul Adha setiap tahunnya.

"Ini salah satu bentuk kepedulian Semen Padang terhadap masyarakat yang berada di sekitar lingkungan serta dalam upaya melaksanakan syiar agama Islam di lingkungan Perusahaan," katanya.

Anita mengatakan, penyerahan hewan kurban untuk disembelih di masjid dan musala yang ada di lingkungan perusahaan itu dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Unit CSR PT Semen Padang Rinold Thamrin menambahkan, sebanyak 12 ekor disalurkan untuk masjid dan musala yang ada di masing-masing kelurahan di Kecamatan Lubuk Kilangan dan 1 ekor untuk Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan. Kemudian sebanyak 7 ekor, disalurkan untuk Nagari Pauh V dan Nagari Limau Manis, Kecamatan Pauh.

Selanjutnya di Kecamatan Lubeg, sebanyak 2 ekor disalurkan melalui Kantor KAN Nan XX dan Forum Nagari Pampangan Nan XX yang merupakan mitra CSR PT Semen Padang dalam program pemberdayaan masyarakat Pampangan Nan XX.

Untuk Packing Plant PT Semen Padang di Teluk Bayur dan di Packing Plant Dumai, serta Packing Plant Aceh, masing-masing juga diserahkan 1 ekor sapi untuk masyarakat sekitar Packing Plant. Sedangkan di Packing Plant Lampung dan Bengkulu, masing-masing diserahkan 3 ekor kambing.

"Selain masyarakat lingkungan, kami juga juga menyalurkan sapi untuk mitra perusahaan, yaitu untuk Lantamal II Padang 1 ekor dan untuk PWI Sumbar 1 ekor," kata Rinold.

Masing-masing hewan kurban ini, lanjutnya, disalurkan langsung kepada pengurus masjid dan musala. Setelah salat Idul Adha, hewan kurban ini disembelih dan dagingnya didistribusikan kepada masyarakat sekitar perusahaan.

Ia berpesan agar panitia kurban dapat menyalurkan daging kurban kepada masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan. Kalau bisa, daging kurban tersebut didistribukan langsung ke rumah-rumah warga.

"Pesan ini kami sampaikan, mengingat penularan virus Covid-19 saat ini makin menghawatirkan. Jadi, kami berharap agar panitia kurban mendistribusikan daging kurban langsung ke rumah-rumah masyarakat, agar penularan virus Covid-19 dapat diantisipasi," kata Rinold.

Ketua KAN Limau Manis Syarifuddin Dt Bungsu mengapresiasi PT Semen Padang yang tetap konsisten menyalurkan bantuan hewan kurban untuk masyarakat lingkungan perusahaan PT Semen Padang. "Alhamdulillah, terimakasih PT Semen Padang. Hewan kurban ini sangat bermanfaat buat masyarakat saat Idul Adha nanti," katanya.

Ia berharap hewan kurban dari PT Semen Padang ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena dampak pandemi Covid-19 membuat ekonomi masyarakat menurun, sehingga banyak masyarakat yang tidak bisa menjadi peserta kurban pada Idul Adha tahun ini. "Mudah-mudahan pandemi ini cepat berlalu, supaya ekonomi masyarakat kembali bangkit," katanya.

Pengurus Masjid An Nur Syukur, Kelurahan Indarung, Syahrial, mengaku senang menerima bantuan hewan kurban dari PT Semen Padang. Semoga melalui bantuan hewan kurban ini, PT Semen Padang dapat terus bertahan di tengah ketatnya persaingan industri semen di Indonesia.

"Alhamdulillah, terimakasih kepada PT Semen Padang yang telah menyalurkan hewan kurban untuk kami, terutama jamaah masjid An Nur Syukur dan masyarakat sekitar masjid ini. Semoga di tengah ketatnya persaingan industri semen saat ini, PT Semen Padang tetap mampu bertahan," katanya usai menerima 1 ekor sapi kurban dari PT Semen Padang.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Forum Nagari Kelurahan Baringin Yunizal. Kata dia, bantuan sapi kurban dari PT Semen Padang untuk Masjid Nurul Wujud ini langsung disembelih pada Senin, karena mayoritas masyarakat Baringin, merupakan jamaah Tarikat Naqsabandyah. (*)

Baca Juga

Editor: Riki