Arti Kemerdekaan bagi Perawat Covid-19 di Semen Padang Hospital

Perawat Covid-19 Semen Padang Hospital, Widi Bramanto
Perawat Covid-19 Semen Padang Hospital, Widi Bramanto (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Agustus merupakan bulan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Di tahun 2021 ini, Indonesia sudah memasuki angka 76 tahun merdeka dengan mengangkat tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Bercerita soal kemerdekaan , tentunya itu memiliki makna berbeda bagi setiap orang. Apalagi di masa pandemi ini, merdeka dari Covid-19 tentunya jadi doa yang terus diucapkan setiap harinya agar pandemi ini segera berakhir.

baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Kota Solok Meningkat, Pemko Optimis Capai Herd Immunity

Bagi tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanggulangan wabah ini, arti kemerdekaan bagi mereka tentu juga berbeda. Lalu bagaimana arti kemerdekaan bagi mereka, khususnya perawat Covid-19 di Semen Padang Hospital ? Widi Bramanto salah seorang perawat Covid-19 berbagi cerita.

Semangat kemerdekaan dari Perawat Covid-19 di Semen Padang Hospital
Semangat kemerdekaan dari Perawat Covid-19 di Semen Padang Hospital

"Sedih sebenarnya, kita sebagai tenaga kesehatan disaat Indonesia sedang merayakan kemerdekaan ke-76, kita masih berkutik dengan Covid-19 yang sedang menjajah Indonesia bahkan dunia, tapi kita harus kuat dalam peperangan melawan Covid-19 seperti halnya para pahlawan terdahulu, yang berperang untuk kemerdekaan Indonesia," katanya saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp, Senin, 16 Agustus 2021.

baca juga: Kasus Covid-19 Hari Ini Bertambah 997 Orang

Ia meyakini, semua pihak bisa menang melawan kondisi saat ini. "Kita yakin bisa menang dan merdeka dari jajahan Covid-19 ini. Dan semangat untuk semua tenaga kesehatan yang berjuang melawan Covid-19. Bersama kita tangguh bersama kita tumbuh," katanya sambil menyemangati sesama tenaga medis.

Widi menuturkan, untuk 'merdeka' dari Covid-19, semua pihak harus tetap menjalankan protokol kesehatan. "Kurangi mobilitas dan jaga pola hidup sehat. Yang terpenting selalu berfikir positif dan jangan takut berobat jika ada keluhan," jelasnya.

baca juga: Lakukan Akselerasi Vaksinasi, Wali Kota Riza Falepi Ajak Tokoh Agama, Politisi, dan Tokoh Masyarakat Sukseskan Vaksinasi Sapu Jagat

Merawat Pasien Covid

Bagi Widi merawat pasien Covid-19 memiliki kesan dan kepuasan tersendiri bagi dirinya. Ia sendiri sudah merawat pasien Covid-19 kurang lebih 16 bulan. "

baca juga: 2 Hari Terakhir Tidak Ada Lagi Pasien Covid-19 yang Dirawat di RSUD dr Rasidin Padang

Pengalaman yang paling diingat yaitu saat ada pasien Covid-19 bisa sehat dan pulang dengan status negatif. Saat mengucapkan terimakasih telah dirawat dengan baik, ada kepuasan tersendiri bagi saya dan teman-teman sebagai tenaga kesehatan," jelasnya.

Bagi Widi, Ia memiliki tips dan trik khusus dalam merawat pasien Covid-19. "Tips dan triknya dimulai dari pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) harus benar dan harus enjoy. Bekerja bukan tekanan tapi keikhlasan

. Anggap pasien Covid-19 adalah keluarga," terangnya.

Di hari kemerdekaan ini, Widi hanya memiliki satu harapan khusus, yaitu semoga Covid-19 cepat selesai. "

Itu semua tercapai tentu dengan tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat, kurangi mobilitas, jaga pola hidup sehat dan jangan lupa vaksin. Bagi masyarakat harus lebih peduli lagi dengan kesehatannya. Kalau ada keluhan jangan takut untuk berobat, jangan tunggu kesehatan memburuk baru pergi ke Rumah Sakit.

Sayangi diri, sayangi keluarga,bersama kita bisa lawan Covid-19," harapnya.

HUT RI ke-76 tahun ini masih dilaksanakan dalam suasana Covid-19. Pemerintah juga meminta masyarakat merayakan kemerdekaan dari rumah.

Editor: Fitria Marlina