SPH Laksanakan Vaksinasi Moderna untuk Tenaga Medis

Tenaga medis di SPH sedang menunggu giliran untuk divaksin
Tenaga medis di SPH sedang menunggu giliran untuk divaksin (rd)

PADANG, KLIKPOSITIF - Semen Padang Hospital ( SPH ) laksanakan vaksinasi Moderna untuk tenaga kesehatan di rumah sakit tersebut. Vaksinasi telah dimulai sejak Jumat (27/8). Pelaksanaannya akan dilakukan selama dua minggu kedepan.

Direktur Utama Semen Padang Hospital , dr Selfi Farisha mengatakan, vaksinasi Moderna yang diterima oleh tenaga medis di SPH dilakukan kepada 380 orang yang memenuhi syarat dari 600 tenaga kerja. "Yang memenuhi syarat untuk vaksinasi ini sebanyak 380 orang," tuturnya.

baca juga: Tingkatkan Angka Vaksinasi di Daerah, DPC Gerindra Lima Puluh Kota Gelar Vaksinasi Massal

"Syarat bisa menerima vaksinasi ini yakni harus melalui atau sudah melakukan Vaksinasi Sinovac satu dan dua. Rentang waktu antara vaksin kedua dengan pelaksanaan Vaksin Moderna tiga bulan. Dan bagi penyintas juga telah sembuh selama tiga bulan," jelasnya.

Salah seorang tenaga medis SPH menerima vaksin Moderna
Salah seorang tenaga medis SPH menerima vaksin Moderna

Ia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Moderna bagi tenaga medis di SPH sangat diatur pelaksanaannya. "Ini karena ada efek seperti demam, tangan berat karena penyuntikan, maka vaksinasinya tidak dilakukan secara bersamaan. Hal ini untuk menjaga pelayanan di rumah sakit agar tetap lancar sehingga dilakukan dan diatur tidak banyak per unit kerja," jelasnya.

baca juga: Pemprov Sumbar Targetkan Capaian Vaksinasi 50 Persen Hingga Akhir Bulan Ini

dr Selfi Farisha menuturkan proses vaksinasi tetap dilakukan seperti alur biasanya, yakni di screening sebelum di vaksin, sehingga memastikan kondisi tenaga medis tetap bagus. "Kita berharap vaksinasi yang dilakukan ini bisa membentuk herd immunity sehingga semakin baik untuk kesehatan kedepan," jelasnya.

dr Selfi juga berpesan agar jangan takut divaksin. "Ini salah satu ikhtiar atau usaha kita dalam melawan Covid-19 dan tentunya tetap menjaga protokol kesehatan 5 M. "Jangan lengah. Vaksin adalah salah satu upaya, bukan serta-merta mencegah penularan Covid-19," jelasnya. (*)

baca juga: Gelar Vaksinasi Gelombang I, Puluhan Warga Ikuti Vaksinasi di Kantor Satpol PP Payakumbuh

Editor: Fitria Marlina