Semen Padang Salurkan Bantuan Makanan Tambahan untuk Ibu Hamil dan Balita, Ketua KAN Limau Sampaikan Apresiasi

Staf Bina Lingkungan CSR Semen Padang menyerahkan bantuan makanan tambahan untuk ibu hamil di Kelurahan Limau Manis Selatan, Senin, (6/9/2021)
Staf Bina Lingkungan CSR Semen Padang menyerahkan bantuan makanan tambahan untuk ibu hamil di Kelurahan Limau Manis Selatan, Senin, (6/9/2021) (ist)

PADANG, KIKPOSITIF - Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Limau Manis , Syarifuddin Dt Bungsu mengapresiasi PT Semen Padang yang selama ini, telah memperhatikan Nagari Limau Manis melalui berbagai program bantuan.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara penyerahan bantuan makanan tambahan berupa Bantuan Asupan Menu Ibu Hamil Kurang Energi Kronis (Basamek) di Pos Gizi Balita dan Ibu Hamil, Kelurahan Limau Manis Selatan, Senin, (6/9/2021).

baca juga: Hingga September 2021, Bisnis Inkubasi Non Semen PT Semen Padang Bukukan Pendapatan Rp 5,42 M

Acara penyerahan bantuan makanan tambahan itu juga dihadiri Sekretaris Kecamatan Pauh Bambang Hadi, Pj Usaha Kesehatan Masyarakat Puskesmas Pauh Drg Helda, Ketua Forum Rumah Pemberdayaan Masyarakat Limau Manis Selatan Budi Syafrianto dan Ketua LPM Limau Manis Selatan Azwar Chan.

Syarifuddin juga mengatakan, bantuan PT Semen Padang untuk masyarakat Nagari Limau Manis , Kecamatan Pauh, Kota Padang, sangat besar nilainya. Di antaranya, bantuan semen untuk pengecoran Jalan Bancah sepanjang 3 kilometer lebih.

baca juga: Semen Padang Salurkan Bantuan Beasiswa dan Pengobatan Gratis di Dumai

Dampak dari adanya pengecoran jalan tersebut, para peladang yang mayoritas masyarakat Nagari Limau Manis , tidak kesulitan lagi untuk menjual hasil ladangnya, karena kendaraan roda empat sudah bisa menembus Bancah.

Tidak hanya itu saja, PT Semen Padang juga membangun masjid di kawasan Bancah. Pembangunan masjid tersebut saat ini sudah 40 persen pengerjaannya.

baca juga: Realisasi Eskpor Semen Hingga September Capai 484 Persen, SIG Apresiasi PT Semen Padang

Selain membangun masjid dan memberikan bantuan semen untuk pengecoran Jalan Ekonomi Bancah, PT Semen Padang melalui program Basinergi Mambangun Nagari (BMN) yang direalisasikan untuk tiga kelurahan di Nagari Limau Manis , yaitu Kelurahan Limau Manis Selatan, Kelurahan Limau Manis dan Kelurahan Koto Lua, juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Salah satu manfaatnya, adalah program bantuan makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita. Program ini dapat terlaksana, karena adanya dukungan penuh dari PT Semen Padang yang bersinergi dengan Forum Rumah Pemberdayaan Masyarakat Limau Manis Selatan. Program ini usulan masyarakat ke PT Semen Padang melalui forum," katanya.

baca juga: Periode September 2021, Rp711 Juta Zakat Karyawan Disalurkan UPZ Baznas Semen Padang

Pj Usaha Kesehatan Masyarakat Puskesmas Pauh Drg Helda juga mengapresiasi PT Semen Padang dan Forum Rumah Pemberdayaan Masyarakat Limau Manis Selatan, karena melalui bantuan makanan tambahan ini, pihaknya semakin mudah mengawal ibu hamil dan balita agar tidak kekurangan gizi.

"Terimakasih PT Semen Padang dan Forum Rumah Pemberdayaan Masyarakat Limau Manis Selatan. Program ini memudahkan kami dalam mengawal dan memastikan kepastian gizi bagi ibu hamil dan balita, karena apa bila ibu hamil dan balita tidak mendapatkan gizi yang cukup, maka generasi kita yang akan datang akan ketertinggalan dalam berbagai hal," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Sekretaris Kecamatan Pauh Bambang Hadi, kata dia, program bantuan makanan tambahan ini diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya stunting pada anak. Stanting merupakan masalah serius bagi anak, karena kelak mereka akan menjadi generasi selanjutnya.

Ketua Forum Rumah Pemberdayaan Masyarakat Limau Manis Selatan Budi Syafrianto menyampaikan bahwa acara ini berkat kerjasama ibu-ibu penyuluh dari Puskesmas Pembantu dan Puskemas Kelurahan.

Selama 10 hari ke depan, pihaknya bersama Puskemas Kelurahan akan memberikan paket makanan tambahan untuk dibagikan kepada 20 orang balita dan 20 orang ibu hamil setiap harinya.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri mengatakan, berbagai program CSR yang dilakukan PT Semen Padang di LImau Manis Selatan merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat lingkungan.

Wilayah Nagari Limau Manis Selatan merupakan bagian dari ring 1 perusahaan PT Semen Padang . Karena itu program CSR jadi skala prioritas perusahaan di area wilayah ini.

Kepala Unit CSR PT Semen Padang Rinold Thamrin menambahkan, program BMN yang direalisasikan melalui sinergi dengan Forum Rumah Pemberdayaan Limau Manis Selatan, Rinold berharap agar program-program yang direalisasikan tersebut betul-betul dapat membantu masyarakat, sesuai dengan harapan manajemen PT Semen Padang .

"Semua program yang diusulkan forum murni usulan masyarakat dan kami di CSR Semen Padang , akan terus mendukung program tersebut selagi program yang diusulkan itu mempunyai nilai pemberdayaan masyarakat. Dan kami juga berharap agar masyarakat Limau Manis Selatan, dan Nagari Limau Manis pada umumnya, juga terus mendukung operasional perusahaan agar berjalan lancar," katanya.

"Kalau perusahaan berjalan lancar dan keuntungannya meningkat, tentu bantuan PT Semen Padang untuk masyarakat lingkungan juga meningkat. Jadi, mohon terus dukungan dan doa dari masyarakat untuk kemajuan PT Semen Padang sebagai aset bangsa Indonesia," pungkas Rinold Thamrin.(*)

Editor: Riki