Semen Padang Salurkan Bantuan Pendidikan untuk Pelajar RTM di Koto Lua dan Lambung Bukit

Lurah Lambung Bukit Yusrizal (dua dari kiri), menyerahkan bantuan paket pendidikan dari PT Semen Padang kepada salah satu pelajar dari RTM di Lambung Bukit.
Lurah Lambung Bukit Yusrizal (dua dari kiri), menyerahkan bantuan paket pendidikan dari PT Semen Padang kepada salah satu pelajar dari RTM di Lambung Bukit. (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - PT Semen Padang menyalurkan bantuan pendidikan sebanyak 112 paket kepada pelajar di Kelurahan lambung Bukit dan Kelurahan Koto Lua , Kecamatan Pauh, Kota Padang .

Bekerjasama dengan Forum Pemberdayaan Masyarakat di dua kelurahan tersebut, bantuan untuk siswa dan siswi dari Rumah Tangga Miskin (RTM) itu, merupakan bagian dari program Basinergi Mambangun Nagari (BMN) CSR Semen Padang .

baca juga: Hingga September 2021, Bisnis Inkubasi Non Semen PT Semen Padang Bukukan Pendapatan Rp 5,42 M

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri, berharap agar bantuan pendidikan berupa sepatu, seragam dan alat tulis itu dapat memotivasi para penerima untuk lebih giat lagi belajar.

"Begitu juga dengan orangtua atau wali murid penerima bantuaan. Setidaknya, bantuan ini dapat meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan sekolah anaknya," kata Oktoweri, Selasa (28/9/2021).

baca juga: Andre Rosiade Bantu Balita Penderita Jantung Bocor di Lubeg, Padang

Bantuan paket pendidikan ini, katanya melanjutkan, merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat lingkungan perusahaan. Dan program bantuan ini, sudah berlangsung sejak Forum Pemberdayaan Masyarakat di dua kelurahan itu didirikan.

Kepala Unit CSR Semen Padang Rinold Thamrin menambahkan, dari 112 paket bantuan, sebanyak 84 paket diserahkan di Kelurahan Lambung Bukit . Sedangkan 28 paket lagi, diserahkan di Kelurahan Koto Lua .

baca juga: MAN 2 Solsel Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur Siswa Melalui Ekskul

Untuk di Lambung Bukit , bantuan tersebut disalurkan pada 21 September 2021. Dan bantuan tersebut, diserahkan kepada siswa-siswi RTM dari tiga sekolah berbeda yang berada di Kelurahan Lambung Bukit .

Ketiga sekolah itu adalah SD Negeri 10 Lambung bukit, SD dan MTs Bustanul Ulum Batu Busuk. "SD dan MTs Bustanul Ulum itu juga sekolah binaan kami di CSR Semen Padang yang berada di bawah Yayasan Igasar Semen Padang ," katanya.

baca juga: Percepatan Vaksinasi, Polres Solsel Sasar Pelajar dan Warga Sekitar Sekolah

Kemudian untuk Kelurahan Koto Lua , sebut Rinold, batuan paket pendidikan tersebut diserahkan pada 23 September 2021 kepada 28 orang siswa dan siswi MTs dan MAs Nagari Limau Manis.

"Rata-rata siswa dan siswi di MTs dan MAs Nagari Limau Manis ini berasal dari keluarga kurang mampu dan beberapa diantaranya, juga ada dari Panti Asuhan Mentawai," ujar Rinold.

Ketua Forum Pemberdayaan Masyarakat Lambung Bukit Dedi Azhari mengucapkan terimakasih kepada PT Semen Padang yang terus hadir membantu masyarakat, apalagi dalam kondisi pandemi saat ini.

"Meskipun sekarang sekolah belum tatap muka karena penerapan Level IV di Kota Padang , tapi bantuan ini akan menjadi penyemangat bagi adik-adik kita untuk semakin giat belajar," katanya.

Bantuan paket pendidikan ini, sebut Dedi, merupakan komitmen Forum Pemberdayaan Masyarakat Lambung Bukit bersama PT Semen Padang . "Bantuan ini komitmen kami dengan PT Semen Padang , yaitu dalam rangka meningkat SDM dan ekonomi masyarakat melalui pendidikan ," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Sekretaris Forum Pemberdayaan Masyarakat Indra Gunawan. Kata dia, kepedulian PT Semen Padang terhadap masyarakat Koto Lua telah dirasakan masyarakat.

PT Semen Padang , sebutnya, tidak hanya hadir memberikan bantuan pendidikan , tapi berbagai bantuan lainnya juga terus dikucurkan untuk masyarakat Koto Lua . Tidak hanya melalui forum, tapi juga disalurkan secara langsung oleh PT Semen Padang .

"Bahkan di awal Covid-19, yaitu pada Juni 2020 lalu, PT Semen Padang bekerjasama dengan Forum Pemberdayaan Masyarakat Koto Lua , juga memberikan bantuan sembako untuk masyarakat RTM di Koto Lua ," katanya.(*)

Editor: Riki