Jual Ternak untuk Modal Usaha, Zulfikar Raih Laba Bersih Rp40 Juta/Bulan

Zulfikar dan Istri setelah mengikuti pembekalan mitra binaan di Gedung Serba Guna (GSG) lantai satu, Kamis, 22 Desember 2016
Zulfikar dan Istri setelah mengikuti pembekalan mitra binaan di Gedung Serba Guna (GSG) lantai satu, Kamis, 22 Desember 2016 (Fitria/KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Berawal dari modal Rp5 juta pada tahun 2000, Zulfikar membuka usaha perabot dan furnitur di kampung halamannya, Solok Selatan, Provinsi Sumbar. Dengan modal tersebut, lambat laut usaha Zulfikar berkembang.

Bahkan, usaha furnitur yang terletak di jalan Sungai Barameh, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir itu, kini bisa meraup untung rata-rata sebesar Rp40 juta/bulan.

baca juga: SPH Kini Jadi Salah Satu RS Rujukan Pasien yang Mampu Tampung Pasien COVID-19

"Modal awal dari hasil jualan ternak. Namun sejak dibantu modal usaha dari CSR Semen Padang, alhamdulillah usaha saya bisa berkembang dan beromset ratusan juta dengan untung bersih rata-rata Rp40 juta," kata Zulfikar usai pembekalan mitra binaan CSR di Gedung Serba Guna (GSG) lantai satu, Kamis, 22 Desember 2016.

Usaha furnitur Zulfikar antara lain perabot rumah tangga seperti meja, kursi, kunsen, pintu jendela, dan perlengkapan kamar seperti lemari, tempat tidur, serta meja hias. Bahkan furnitur yang dibuatnya suda memasuki pasar-pasar di kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat, hingga ke provinsi tetangga.

baca juga: Bantu Atasi COVID-19, Semen Padang Berpartisipasi Aktif di Satgas Bencana Nasional BUMN Sumbar

"Kita juga pasarkan ke Pekanbaru, dan Sungai Penuh, Provinsi Jambi," ujar alumni Teknik Mesin Unand ini sembari menyebut, bahwa dalam membuat furnitur, Ia dibantu oleh delapan orang tukang.

Selain dibantu CSR Semen Padang, Zulfikar menyebut bahwa Ia juga bekerjasama dengan Dinas Koperindag Solok Selatan dalam memasarkan produknya. "Tidak hanya itu, bahkan Dinas Koperindag juga membantu saya untuk melakukan inovasi produk," bebernya.

baca juga: Di Tengah Pandemi COVID-19, Ini Kiat Admisi Cantik Ini Layani Pasien

Terkait program kemitraan CSR Semen Padang, menurut Zulfikar ini sangat membantu para pelaku usaha kecil dan menegah. Apa lagi, kata dia, pihak CSR Semen Padang tidak hanya meminjamkan dana bergulir, tapi juga memberikan solusi kepada mitra binaan jika usahanya mengalami kendala.

"Saya ini sudah sejak 2013 jadi mitra binaan, dan sudah tiga kali mendapatkan pinjaman modal usaha. Saya salut dengan CSR Semen Padang. Saya berharap CSR Semen Padang terus merangkul pelaku-pelaku usaha kecil menegah untuk dijadikan mitra binaan," tutupnya.(Fitria)

baca juga: Solusi Bangun Andalas Berikan Bantuan Minuman Multivitamin untuk Tenaga Medis di RSU Zainoel Abidin

Penulis: Riki