Semen Padang Salurkan Bantuan Beasiswa dan Pengobatan Gratis di Dumai

Semen Padang padang serahkan bantuan beasiswa dan pendidikan untuk pelajar Sei Sembilan, Kota Dumai, Provinsi Riau.
Semen Padang padang serahkan bantuan beasiswa dan pendidikan untuk pelajar Sei Sembilan, Kota Dumai, Provinsi Riau. (ist)

DUMAI , KLIKPOSITIF - PT Semen Padang menyalurkan bantuan beasiswa dan pendidikan untuk 50 pelajar berprestasi di kawasan Grinding Plant & Packing Plant Semen Padang di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai , Provinsi Riau pada Rabu (13/10) siang. Selain menyalurkan bantuan pendidikan, PT Semen Padang juga menggelar pengobatan gratis untuk warga pada Kamis (14/10).

Untuk penyaluran bantuan pendidikan dipusatkan di Kantor Lurah Bangsal Aceh dan dihadiri Lurah Bangsal Aceh Parlen Julianto dan sejumlah tokoh masyarakat. Sedangkan dari PT Semen Padang hadir Staf CSR, Meli Agustini dan Senior Manager PT Semen Padang Pabrik Dumai Palman.

baca juga: Hingga September 2021, Bisnis Inkubasi Non Semen PT Semen Padang Bukukan Pendapatan Rp 5,42 M

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Oktoweri menjelaskan, penyerahan bantuan beasiswa dan pendidikan merupakan kegiatan rutin tiap tahun dilaksanakan perusahaan di lingkungan pabrik Dumai . Demikian pula kegiatan bhakti sosial seperti pengobatan gratis .

"Ini kegiatan rutin yang dilakukan perusahaan sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat lingkungan. Semoga dengan kegiatan seperti ini, harmonisasi hubungan perusahaan dengan masyarakat dapat terus terjaga dengan baik," kata Oktoweri.

baca juga: Realisasi Eskpor Semen Hingga September Capai 484 Persen, SIG Apresiasi PT Semen Padang

Ia berharap agar masyarakat Bangsal Aceh dan Dumai umumnya untuk dapat terus menjaga fasilitas PT Semen Padang di Dumai tersebut, karena perannya sangat strategis bagi negara dalam menjaga rantai pasokan semen di wilayah Dumai dan Provinsi Riau.

Kepala Unit CSR PT Semen Padang Rinold Thamrin melalui Staf CSR, Meli Agustini menjelaskan besaran beasiswa untuk 50 pelajar tersebut. Untuk pelajar SD/MI sebanyak 25 orang, masing-masing mendapatkan beasiswa sebesar Rp400 ribu.

baca juga: Periode September 2021, Rp711 Juta Zakat Karyawan Disalurkan UPZ Baznas Semen Padang

Kemudian pelajar SMP/MTs sebanyak 13 orang, mendapatkan beasiwa Rp500 ribu dan untuk pelajar SMA/MA sebanyak 12 orang, besaran beasiswa yang diberikan Rp750 ribu. "Untuk pengobatan gratis kali ini ditargetkan dengan sasaran 200 orang,"kata Meli.

Lurah Bangsal Aceh Parlen Julianto sendiri berterima kasih kepada PT Semen Padang yang telah menyalurkan bantuan pendidikan untuk pelajar dan pengobatan gratis untuk warga di Bangsal Aceh.

baca juga: PT Semen Padang Salurkan 62 Paket Bantuan Pendidikan untuk Pelajar RTM di Limau Manis Selatan

Apalagi menurutnya, di tengah pandemi saat ini, para pelajar butuh tunjangan untuk belajar secara daring. Disamping itu, warganya juga sangat membutuhkan pemeriksaan dan pengobatan gratis ini.

Pihak kelurahan, lebih lanjut disampaikan Parlen, akan terus bersinergi dengan Semen Padang untuk menggelar berbagai kegiatan sosial.

"Kami berterimakasih atas apa yang dilakukan oleh PT Semen Padang terutama melalui program-program CSR nya. Semoga bantuan ini dapat bermafaat bagi pelajar dan warga kami. Kami akan terus menjalin sinergi dengan Semen Padang , untuk merancang berbagai program-program lainnya untuk masyarakat sekitar," sebut Parlen.

Menurut Parlen, pemberian beasiswa , pengobatan gratis dan sejumlah kegiatan lain yang digelar ini, semakin membuktikan bahwa PT Semen Padang merupakan perusahaan semen yang konsisten memperhatikan pendidikan dan kesehatan warga, karena hal tersebut bukan kali ini saja dilakukan untuk warga Bangsal Aceh Dumai .

Oleh sebab itu, kepada masyarakat Bangsal Aceh, khususnya di lingkungan Packing Plant Semen Padang Dumai , Parlen berharap agar sama-sama menjaga keberdaan Packing Plant tersebut, karena keberadaan Packing Plant itu telah memberikan dampak yang sangat positif bagi masyarakat Bangsal Aceh.

"Bukan beasiswa saja, tapi juga bantuan lain seperti pengobatan gratis Semen Padang selalu ikut berkontribusi. Kemudian dampak lainnya, adalah penyerapan tenaga kerja. Jadi kepada masyarakat Bangsal Aceh, mari bersama-sama kita jaga keberlangsungan Packing Plang Plant Semen Padang ini," ujarnya.

Kepedulian sosial PT Semen Padang untuk masyarakat lingkungan perusahaan di Dumai tidak kali ini saja dilakukan. Pada Juli 2020, Unit Pabrik Dumai , PT Semen Padang telah menyalurkan berbagai bantuan di Kota Dumai dan Provinsi Riau guna membantu masyarakat di tengah ancaman pandemi COVID-19.

Program yang dilaksanakan meliputi pemberian masker, pemberian supplemen vitamin, pengukuran suhu tubuh di gerbang masuk, sosialisasi melalui poster/spanduk, melengkapi tempat pencucian tangan dengan sabun, penyemprotan desinfektan kantor & peralatan secara berkala dan lain-lain.

Untuk program di lingkungan masyarakat sekitar dilakukan pemberian masker, penyaluran sembako, pemberian tempat cuci tangan di Kantor Lurah Bangsal Aceh dan Puskesmas Sungai Sembilan, dan penyemprotan desinfektan rumah warga.

Pada 22 April 2020, juga diserahkan bantuan dua unit tempat cuci tangan untuk Kantor Lurah Bangsal Aceh dan Puskesmas Sungai Sembilan, serta bantuan 240 pcs masker untuk Kantor Lurah Bangsal Aceh dan bantuan 40 paket sembako untuk masyarakat RT04 di sebelah Pabrik, di Kelurahan Bangsal Aceh pada 23 April 2020.

Selanjutnya, guna meringankan beban korban PHK dampak pandemi COVID-19, PT Semen Padang juga berpartisipasi dalam bentuk pemberian 24 paket sembako melalui Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau pada 4 Juni 2020.

Grinding Plant Semen Padang di Dumai memiliki kapasitas 900.000 ton per tahun. Selama 2020, realisasi produksi Grinding Plant sebanyak 455.410 ton pada tahun 2020. Cement Mill Dumai melayani wilayah pemasaran PT Semen Padang di kawasan Riau Daratan, Riau Kepulauan dan Sumatera Utara yang berbatasan dengan Provinsi Riau .

Grinding Plant mulai dibangun pada 21 Juni 2013 dan peletakkan batu pertamanya dilakukan oleh Walikota Dumai , Khairul Anwar. Grinding Plant ini merupakan pengembangan fasilitas Packing Plant yang telah ada di Dumai sejak Desember 2010.(*)

Editor: Riki