Webinar FKIK SP, dr Icha: Bersyukur Membuat Kita Bahagia

Webinar FKIK SP, dr Icha: Bersyukur Membuat Kita Bahagia
Webinar FKIK SP, dr Icha: Bersyukur Membuat Kita Bahagia (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Forum Komunikasi Istri Karyawan Semen Padang ( FKIK SP) mengadakan webinar "NgobrAs Bareng Bu Icha Asri Mukhtar" dalam rangka memeriahkan HUT ke 21 tahun, Jumat, 29 Oktober 2021. Webinar ini mengangkat tema Trik dan Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh. Hadir sebagai pembicara Prof. Dr.dr. Rizanda Machmud M.Kes, FISPH, FISCM yang juga menjabat sebagai dewan penasehat FKIK SP.

Dalam webinar soal Tips dan Trik Meningkatkan Imun Tubuh, dr. Rizanda atau yang akrab di sapa Buk Icha menjelaskan berbagai tips dan trik meningkatkan imun di masa pandemi. "Daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. good health dan good life itu berhubungan, sehingga ada tiga unsur dalam menjaga imun tubuh di masa pandemi, yakni tubuh yang sehat, mental yang baik dan semangat yang bagus. Ketiga itu harus dipenuhi dengan baik dan seimbang," katanya saat di webinar.

baca juga: Dua Tim Inovasi Semen Padang Raih Predikat Tertinggi pada Ajang ICQCC 2021

dr Icha mengingatkan, bahwa imun ditubuh keluar ketika kita selalu bersyukur kepada Allah SWT. "Ini merangsang endorpin dan membuat kita bahagia. Caranya bersyukur dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah, sehingga ada hikmah dari hal-hal yang kita ambil dalam hidup. artinya disini ada perubahan niat. Tubuh kita bisa diatur, sehingga niat itu langsung berefleksi pada tubuh dan mendorong sel-sel saraf diotak meningkatkan imun tubuh," jelasnya.

Tidak mengeluh mengeluh, menjauhi sifat dendam, iri, dengki dan menjauhi dosa tentunya akan membuat imun tubuh terjaga dengan baik. "Sehingga tips hidup bahagia itu jangan takut dan khawatir, jangan pernah menyimpan dendam, fokus pada satu masalah, jangan membawa masalah tidur sehingga imun tetap terjaga dengan baik," paparnya.

baca juga: Dinas Kehutanan Sumbar-Semen Padang Tanam 1000 Bibit Taxus, Obat Anti Kanker di Gunung Singgalang

Selain itu, ada hal-hal yang mengikuti agar imun tetap terjaga dengan baik, yakni soal perubahan gaya hidup. "Kita bisa mengembangkan hobi, melakukan sosialisasi, FKIK juga jadi salah satu ajang sosialisasi dan itu membuat kita panjang umur. Kemudian mengkonsumsi hal-hal yang positif untuk jiwa kita agar energi baiknya juga keluar dengan baik terhadap sesama," paparnya.

Ketika sudah berusaha menjaga imun dengan baik, ada beberapa hal yang harus dihindari, diantaranya kurang berserah diri dan cepat putus asa, pemarah, emosi, labil, suka menyendiri, malas bergerak,dll. "Sehingga untuk menghindari hal itu, kita bisa mengeluarkan energi positif kita, harus tahu dengan kemauan diri sendiri, makan teratur, menghindari kebiasaan merokok, memeriksa kesehatan secara terautr, dan tetap aktif berolahraga," ujar guru besar Unand ini.

baca juga: Semen Padang Kirim Sembako untuk Korban Kebakaran di Depan SBPU Indarung

dr Icha juga berpesan, di masa pandemi ini agar tetap memperbanyak ibadah, pilih makanan untuk jiwa kita dengan berita yang baik-baik. "Omongin harapan dalam hidup. Jangan pernah badan ini membuka energi negatif. Dan katakan apa yang kita inginkan dalam hidup, sehingga secara tidak langsung kita juga memperbaiki pola komunikasi juga harus diperbaiki dengan baik," paparnya.

Dalam webinar yang di pandu oleh Andahayani Yosep ini, webinar dibuka oleh pembina FKIK SP, Tubagus Muhammad Dharury. Dalam sambutannya, Tubagus berharap dengan adanya webinar ini, bisa memberikan ilmu baru yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam meningkatkn imun tubuh.

baca juga: Dari Gathering Semen Padang-Media, Desi Anwar: Segera Berimigrasi ke Digital!

"Sehingga ini memberikan pemahaman kepada Ibu-ibu agar terhindar dari Covid-19. Kita sendiri di perusahaan juga telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah serta terhindar dari virus ini. Sebagai pembina, kami berpesan jangan pernah abai menerapkan protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan, mengurangi mobilitas, menghindari makan bersama yang berpotensi menyebabkan penyebaran virus,dll. Maka dengan adanya webinar, peranan FKIK SP sebagai kunci bagi keluarga agar terlindungi dan aman, sehingga terhindar dari Covid-19. Jadi mari disiplin protokol kesehatan dan semoga webinar ini memberikan manfaat bagi kita semua," katanya.

Penasehat FKIK SP, Ny Risna Yosviandri mengatakan, dalam HUT ke 21 FKIK tahun ini, usia 21 tahun adalah usia peralihan dari remaja menuju dewasa. "Dan usia ini adalah usia berbahagia dan bersemangat dalam menjalankan program kerja yang disusun bersama. Terima kasih dan bersyukur masih bisa dalam mewujudkan program kerja yang dijalankan seluruh pengurus serta didukung oleh FKIK SP," katanya.

Ia juga menuturkan, tantangan kedepan semakin bertambah, salah satunya dengan perkembangan teknologi. "Penggunaan teknologi bisa dimanfaatkan dengan baik. Kita harus siap menghadapi kondisi apapun dengan membekali diri meningkatkan kemampuan dalam menggunakan teknologi dalam mendukung kegiatan selama ini. Saya berharap kepada pengurus jangan sampai berhenti mengeluarkan ide-ide. Selain itu, kekompakan juga harus dijaga. Sekali lagi selamat ulang tahun smeoga sukss dan jaya selalu," tuturnya.

Ketua Umum FKIK Semen Padang , Ny. Ampri Satyawan, dalam sambutannya mengatakan, walaupun pandemi, HUT FKIK secara virtual ini merupakan salah satu upaya menghindari kerumunan. "Dan di masa pandemi ini kita harus siap menghadapi semuanya, termasuk di masa yang akan datang. Kita mampu beradaptasi dan mampu mencapai tujuan kita bersama. Dua hal istimewa di ulang tahun karena kegiatan diisi dengan "Ngobras Icha Asri Mukhtar. Yang kedua kegiatan ini ini dilakukan oleh Ibuk-Ibuk FKIK , sehingga diharapkan pengetahuan dari webinar ini bisa dibagi dengan tetangga dan masyarakat sehingga bermanfaat," jelasnya.

Editor: Fitria Marlina