Sejak Januari 2021, Semen Padang Ekspor Klinker 1,2 MT dan Semen 451.614 MT

Kapal Jahan tengah memuat  klinker PT Semen Padang di Pelabuhan Teluk Bayur Padang untuk tujuan Bangladesh, baru-baru ini.
Kapal Jahan tengah memuat klinker PT Semen Padang di Pelabuhan Teluk Bayur Padang untuk tujuan Bangladesh, baru-baru ini. (ist)

PADANG, KIKPOSITIF - Sejak Januari hingga Oktober 2021 PT Semen Padang telah mengekspor semen sebanyak 451.614,94 Metrik Ton (MT) dan klinker sebanyak 1.273.528,98 MT ke pelbagai negara.

Group Head of Sales SIG Rahman Kurniawan mengatakan, ada empat negara yang menjadi tujuan ekspor PT Semen Padang yakni klinker diekspor ke Bangladesh, sedangkan semen , diekspor ke Australia, Maldives dan Sri Lanka.

baca juga: Dua Tim Inovasi Semen Padang Raih Predikat Tertinggi pada Ajang ICQCC 2021

" Semen yang diekspor terdiri dari dua tipe, yaitu OPC (52.5N) untuk Australia, dan tipe OPC (42.5N) untuk Maldives dan Sri Lanka," ujar Rahman Kurniawan, Selasa (9/11/2021).

Rahman optimis target ekspor klinker tahun 2021 bisa terwujud, karena masih ada dua bulan lagi bagi PT Semen Padang untuk dapat mengejar target. "Mudah-mudahan sampai akhir tahun, target tersebut bisa terwujud," katanya.

baca juga: Dinas Kehutanan Sumbar-Semen Padang Tanam 1000 Bibit Taxus, Obat Anti Kanker di Gunung Singgalang

Terkait ekspor semen , kata Rahman , pada tahun 2021 ini PT Semen Padang juga ditargetkan untuk bisa mengekspor semen sebanyak 198.600 MT. Hebatnya, PT Semen Padang sudah mewujudkan target sejak beberapa bulan lalu.

Di akhir September 2021, PT Semen Padang sudah merealisasikan ekposr semen hingga 484 persen. "Itu baru persentasi per September, belum masuk Oktober. Kalau hingga Oktober ini, realisasinya itu sudah lebih dari 500 persen," bebernya.

baca juga: Semen Padang Kirim Sembako untuk Korban Kebakaran di Depan SBPU Indarung

Rahman menambahkan, ekspor semen dan klinker oleh PT Semen Padang telah berlangsung secara berkesinambungan. Bahkan untuk ekspor tahun 2021 ini, PT Semen Padang juga melakukan kontrak jual beli semen dan klinker selama 1 tahun (Januari-Desember 2021).

"Dengan adanya kontrak jual beli semen dan klinker tersebut, PT Semen Padang pun juga komitmen untuk menjaga ketersediaan semen dan klinker . Mudah-mudahan, dengan adanya komitmen tersebut, kontrak jual beli ini dapat berlangsung untuk tahun depan dan selanjutnya," tambah Rahman.

baca juga: Dari Gathering Semen Padang-Media, Desi Anwar: Segera Berimigrasi ke Digital!

Editor: Riki